IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEMATIK DALAM KURIKULUM KUTTAB AL-FATIH SEMARANG

WAJDI, TAUFIQ (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEMATIK DALAM KURIKULUM KUTTAB AL-FATIH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (743kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terjadinya pergantian sistem kurikulum yang disesuaikan dengan seiringnya zaman membuat kerancauan yang sangat membingungkan bagi para guru terlebih untuk guru yang dikhususkan dalam bidang kurikulum. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab pendidikan di Indonesia mengalami kemunduran yang sangat memprihatinkan terlebih dalam bidang pendidikan akhlaknya, sehingga hal tersebut menjadikan sebagian guru berfikir untuk membuat suatu kurikulum tersendiri yang mana mampu menyeimbangi pola pendidikan pada zaman dulu terkhusus pola pendidikan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dengan begitu penggunaan suatu metode dan pendekatan yang unik sangat diperlukan oleh seorang guru terlebih jika diterapkan dalam suatu kurikulum pendidikan disuatu lembaga sekolah, oleh sebab itu penerapan pendekatan tematik dalam kurikulum Kuttab merupakan salah satu cara bagi seorang guru di dalam mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya, sehingga hal tersebut diharapkan akan melahirkan generasi yang baik dan berpendidikan Qur’ani. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif, melalui sumber data primer dan data sekunder terkait dengan Implementasi Pendekatan Tematik dalam Kurikulum Kuttab Al-Fatih Semarang, serta pihak-pihak yang terkait dalam penelitian melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menggunakan pola fikir berdasarkan pola pikir Miles and Huberman, yaitu ‘dilakukan secara interaktif melalui proses data reduction, data display dan verification atau conclusion drawing’. Landasan teori yang digunakan adalah teori tentang bagaimana guru menerapkan pendekatan tematik dalam kurikulum Kuttab AlFatih serta strategi dan metode apa yang ditekankan oleh Rasulullah dalam melahirkan generasi yang Qur’ani. Secara garis besar, berdasarkan pada analisis data yang dilakukan oleh peneliti dapat ditarik kesimpulan bahwa hal terpenting bagi seorang guru yaitu menguasai teknik serta pendekatan yang diterapkan dalam kurikulum Kuttab yang sesuai pada tingkat kemampuan siswa. Dengan begitu penerapan konsep pembelajaran yang berbasis tematik dalam kurikulum di Yayasan Kuttab Al-Fatih sangat memberikan banyak manfaat dan dampak yang positif bagi anak terlebih bagi peserta didik, sebab hal tersebut selaras dengan visi misi Kuttab yang mampu melahirkan suatu kurikulum terpadu dalam suatu pendikan yang memuat nilai-nilai dalam pendidikan Islam itu sendiri. Kata kunci: pentingnya penggunaan suatu pendekatan dalam mengembangkan suatu kurikulum terpadu yang berbasis pendidikan Rasulullah di zaman yang modern. ABSTRACT SKRIPSI The occurrence of a change of curriculum system that is adjusted with the times makes the confusion that is very confusing for teachers especially for teachers who are specialized in curriculum. This is one of the causes of education in Indonesia to experience a setback that is very concerning especially in the field of moral education, so it makes some teachers think to create a separate curriculum which is able to balance the pattern of education in the past, especially the pattern of education taught by the Prophet Muhammad. That way the use of a unique method and approach is needed by a teacher especially if applied in an educational curriculum in a school institution, therefore the application of the thematic approach in the Kuttab curriculum is one of the ways for a teacher to teach knowledge to his students, so that it is expected to give birth to a good generation and educated Qur'an. The research used is field research using qualitative methods, through primary data sources and secondary data related to the Implementation of Thematic Approach in the Kuttab Al-Fatih Semarang Curriculum, as well as related parties in research through observation, interviews and documentation. Data analysis techniques carried out by researchers are by using the mindset pattern based on the Miles and Huberman mindset, namely ‘done interactively through a data reduction process, data display and verification or conclusion drawing’. The theoretical basis used is the theory of how teachers apply a thematic approach in the Kuttab Al-Fatih curriculum and what strategies and methods the Prophet emphasized in giving birth to the generation of the Qur'an. Broadly speaking, based on data analysis carried out by researchers it can be concluded that the most important thing for a teacher is mastering the techniques and approaches applied in the Kuttab curriculum that are appropriate to the level of student ability. Thus the application of thematic-based learning concepts in the curriculum at the Kuttab Al-Fatih Foundation provides many benefits and a positive impact for children especially for students, because it is in line with Kuttab's vision and mission which is able to produce an integrated curriculum in education that contains values in Islamic education itself. Keywords: the importance of using an approach in developing an integrated curriculum based on the Prophet's education in modern times.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:16
Last Modified: 19 Nov 2019 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13528

Actions (login required)

View Item View Item