Tinjauan Dan Akibat Hukum Atas Konsolidasi Perusahaan Perseroan (Persero) Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 1996 (Studi Pada PT Perkebunan Nusantara IX)

Dwijanti, Meilyna (2018) Tinjauan Dan Akibat Hukum Atas Konsolidasi Perusahaan Perseroan (Persero) Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 1996 (Studi Pada PT Perkebunan Nusantara IX). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (873kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (167kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (6MB)
[img] Text
babI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (84kB)

Abstract

Konsolidasi merupakan bentuk lain dari merger, yaitu penggabungan usaha dengan cara satu perusahaan bergabung dengan perusahaan lain membentuk satu perusahaan baru. PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) didirikan pada tanggal 11 Maret 1996 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 1996 tanggal 14 Februari 1996, merupakan peleburan dari PT Perkebunan XV-XVI dan PT Perkebunan XVIII. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan legalitas akta atau AD/ ART PT. Perkebunan Nusantara IX secara hukum, pelaksanaan restrukturisasi organisasi atau manajemen Perkebunan Nusantara IX, dan akibat hukum ketidaksesuaian pelaksanaan operasional Perkebunan Nusantara IX berdasarkan AD/ ART. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan socio legal research. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan. Data diolah dan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, Permasalahan dianalisis dengan teori Negara hokum dan teori legalitas. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa: (1) legalitas AD/ ART PT. Perkebunan Nusantara IX secara hukum telah memenuhi ketentuan berdasarkan Undang-undang tentang PT (UU No. 40 Tahun 2007). (2) Pelaksanaan restrukturisasi organisasi Perkebunan Nusantara IX setelah konsolidasi. Restrukturisasi telah dilakukan melalui surat ketetapan direktur utama tahun 2000 dan surat keputusan menteri. Pada tahun 2000 surat keputusan Direktur Utama No PTPN IX.0/SK/006/2000.SL tanggal 15 Januari 2000, dan telah diubah dengan surat keputusan direktur utama No PTPN IX.0/SK/005/2001.SL tanggal 31 Januari 2001. Sesuai surat keputusan tersebut, mulai tahun 2000 dibentuk Divisi Tanaman Tahunan dan Divisi Tanaman Semusim. (3) Akibat hukum ketidaksesuaian dan solusi pelaksanaan operasional PT. Perkebunan Nusantara IX: adanya laporan keuangan masing-masing divisi, biaya operasional ditanggung masing-masing divisi, tidak adanya lintas mutasi sumber daya manusia, dan hutang piutang ditanggung oleh masing-masing divisi. Kata kunci: konsolidasi, persero, PT. Perkebunan Nusantara IX

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:12
Last Modified: 19 Nov 2019 02:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13432

Actions (login required)

View Item View Item