ARSYADANI, MIFTAKHUDDIN ZULFA (2018) SISTEM BAGI HASIL DI GO-JEK SEMARANG MENURUT PERSPEKTIF MUAMALAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (777kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (107kB) |
|
Text
Pernyataan_publikasi.pdf Download (270kB) |
|
Text
Daftarisi.pdf Download (88kB) |
|
Text
BabI.pdf Download (410kB) |
|
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) |
|
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
|
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
Text
Daftar_pustaka.pdf Download (206kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (457kB) |
Abstract
Sistem Bagi Hasil di GO-JEK Semarang Menurut Perspektif Muamalah, oleh Miftakhuddin Zulfa Arsyadani, Program Studi Akhwal Al-Syakhshiyyah Jurusan Syari’ah Fakultas Agama tahun 2018 Perkembangan teknologi terutama teknologi informasi di tubuh masyarakat merupakan perubahan yang berlangsung secara cepat dan tidak dapat dihindari. Perkembangan teknologi informasi juga berpengaruh pada transportasi dengan munculnya moda transportasi berbasis online seperti GO-JEK. Munculnya GO-JEK membawa pengaruh besar baik kepada masyarakat dengan semakin mudahnya akses transportasi dan juga kepada driverselaku mitra. Sistem pembayaran PT.GO-JEK kepada mitra menggunakan sistem bagi hasil. Bagi hasil inilah yang sekilas mirip dengan konsep muamalah. Untuk itulah perlu diteliti bagaimana bagi hasil di GO-JEK jika ditinjau dari perspektif muamalah, agar lebih terbuka wawasan bahwa muamalah sejatinya dapat diterapkan di banyak sektor. Metode penilitian yang diterapkan yaitu penelitian kualitatif dengan format analisis deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah PT.GO-JEK Semarang sebagai pengelola GO-JEK serta driver sebagai tenaga oprasional ojek. Objek yang diteliti yaitu bagi hasil yang terjadi di GO-JEK Semarang. Serta informan yang diambil yaitu driver saja, karena PT.GO-JEK Semarang menolak untuk diadakan penelitian di kantor cabang PT.GO-JEK Semarang. Bagi hasil di GO-JEK dapat digolongkan ke dalam revenue sharingyaitu pembagian pendapatan, bukan pembagian keuntungan. Bagi hasil di GO-JEK selain pada diskon sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah di muamalah kecuali tidak adanya kebebasan semua pihak dalam membuat butir-butir kesepakatan. Bagi hasil di GO-JEK dapat digolongkan sebagai syirkah inan. Yang mana kerjasama antara keduanya memberikan porsi dari keseluruhan dana dan berpartisipasi dalam kerja. Kata Kunci: bagihasil, GO-JEK, muamalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Nov 2019 07:10 |
Last Modified: | 15 Nov 2019 07:10 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13306 |
Actions (login required)
View Item |