Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah, Pengawasan Intern dan Hasil Pemeriksaan BPK Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah

Aziz, Achmad Syaeful (2018) Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah, Pengawasan Intern dan Hasil Pemeriksaan BPK Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (711kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah karakteristik pemerintah daerah, pengawasan intern dan hasil pemeriksaan BPK dalam meningkatkan kinerja keuangan pemerintah daerah, yang diukur dengan rasio efisiensi. Penilaian kinerja keuangan pemerintah daerah perlu dilakukan karena adanya fakta bahwa masih buruknya kinerja keuangan pemerintah daerah di Indonesia. Menurut Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) sejak tahun 2011-2014 LKPD yang mendapat status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terus meningkat jumlahnya. Tapi peningkatannya masih terbilang sedikit jumlahnya. Pada tahun 2015 jumlahnya yaitu dibawah 30%. Pendapat wajar tanpa pengecualian yang didapatkan segelintir LKPD nyatanya tak menjamim membebaskan mereka dari korupsi atau inefisiensi dalam hal kinerja dan pengalokasian keuangan daerah. Hal ini menunjukkan masih rendahnya kesadaran pemerintah daerah untuk memperbaiki kinerjanya dan mematuhi aturan yang berlaku. Populasi penelitian ini adalah kabupaten dan kota di Jawa Tengah, berupa LKPD tahun periode 2014-2016, dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini adalah 35 sampel dengan periode penelitian dilakukan selama 3 tahun sehingga jumlah observasi menjadi 105. Kemudian teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ukuran pemerintah daerah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan daerah, tingkat kekayaan daerah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan daerah, tingkat ketergantungan pada pemerintah pusat berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan daerah, belanja daerah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan daerah, ukuran legislatif berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan daerah, pengawasan intern berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan daerah, temuan audit berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan daerah dan opini audit berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah. Kata Kunci: Karakteristik pemerintah daerah, faktor audit, kinerja keuangan pemerintah daerah tingkat 2 di Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Agama Islam > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 Nov 2019 02:16
Last Modified: 14 Nov 2019 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13223

Actions (login required)

View Item View Item