PENGARUH KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEAHLIAN KEUANGAN KOMITE AUDIT DAN DEWAN KOMISARIS, TINGKAT PENDIDIKAN KETUA KOMITE AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Pada Periode Tahun 2016)

Hestiningsih, Sri Wahyuti (2018) PENGARUH KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEAHLIAN KEUANGAN KOMITE AUDIT DAN DEWAN KOMISARIS, TINGKAT PENDIDIKAN KETUA KOMITE AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Pada Periode Tahun 2016). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laporan keuangan menjadi sumber informasi penting bagi pihak eksternal perusahaan untuk mengetahui kondisi kinerja perusahaan. Adanya kecenderungan dari pihak investor dalam memperhatikan nilai laba sebagai parameter kinerja perusahaan mendorong manajemen untuk mamanipulasi nilai laba atau manajemen laba. Penelitian ini menguji pengaruh keahlian akuntansi dan keahlian keuangan komite audit dan dewan komisaris, tingkat pendidikan ketua komite audit terhadap manajemen laba. Sampel perusahaan yang digunakan adalah sebanyak 116 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Data pada penelitian ini dianalisis dengan dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode analisis regresi berganda, uji statistik F, uji koefisien determinasi, dan uji statistik t. Berdasarkan uji asumsi klasik dengan uji normalitas data dinyatakan berdistribusi normal, pada uji multikolinearitas model regresi tidak mengalami multikolinearitas, hasil uji heteroskedastisitas data tidak mengalami heteroskedastisitas, sedangkan hasil uji autokorelasi data penelitian tidak mengalami autokorelasi. Hasil uji F menyatakan bahwa model regresi pada penelitian ini layak digunakan, nilai koefisien determinasi pada penelitian ini yaitu sebesar11,6%. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel keahlian keuangan komite audit, keahlian keuangan komite audit dan dewan komisaris, tingkat pendidikan ketua komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Keahlian akuntansi komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Kata kunci : manajemen laba, keahlian akuntansi komite audit dan dewan komisaris, keahlian keuangan komite audit dan dewan komisaris, tingkat pendidikan ketua komite audit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Nov 2019 07:12
Last Modified: 12 Nov 2019 07:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13127

Actions (login required)

View Item View Item