PENGEMBANGAN SOFT SKILL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI JURUSAN TARBIYAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNISSULA SEMARANG

WAHYUNI, SRI (2018) PENGEMBANGAN SOFT SKILL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI JURUSAN TARBIYAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNISSULA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Soft skill merupakan kebutuhan manusia yang paling penting termasuk untuk mahasiswa PAI yang nantinya akan menjadi seorang pendidik. Adapun rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah: 1). Soft skill apa saja yang harus dimiliki mahasiswa PAI di Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Unissula Semarang sebagai calon guru, 2). Bagaimana pengembangan soft skill mahasiswa PAI di Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Unissula Semarang, 3). Bagaimana soft skill mahasiswa PAI di Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Unissula Semarang. kemudian penulisan skripsi ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui soft skill apa saja yang harus dimiliki mahasiswa PAI di Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Unissula Semarang sebagai calon guru, 2). Untuk menggambarkan pengembangan soft skill mahasiswa PAI di Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Unissula Semarang, 3). Untuk menggambarkan soft skill mahasiswa PAI di Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Unissula Semarang. Jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan menggunakan pedekatan kualitatif. Populasinya adalah dosen Tarbiyah FAI dan seluruh mahasiswa PAIf aktif yang berjumlah 520 mahasiswa yang terdiri dari 4 angkatan (2014-2017). Teknik pengambilan sample menggunakan purpossive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Dalam hal ini melewati tiga langkah analisis yang ketiganya di jadikan satu artinya tidak di buat per poin, tiga hal itu diantaranya: Soft skill apa saja yang harus dimiliki mahasiswa PAI di Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Unissula Semarang sebagai calon guru, Bagaimana pengembangan soft skill mahasiswa PAI di Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Unissula Semarang, Bagaimana soft skill mahasiswa PAI di Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Unissula Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya “Pengembangan soft skill mahasiswa PAI sejauh ini sudah di jalankan berdasarkan apa yang di rencanakan oleh pihak yang berwenang yakni dosen, kajur dan ormawa-ormawa yang ada di fakultas, namun hasil yang didapatkan kurang maksimal karena masih tingginya sifat apatis yang dimiliki mahasiswa terhadap kegiatan-kegiatan yang diadakan fakultas maupun ormawa yang berkaitan dengan pengembangan soft skill meskipun sudah ada aturan dalam SKK tentang adanya aturan wajib mengikuti kegiatan-kegiatan semacam itu, salah satu alasannya adalah karena mereka belum melihat secara nyata akibat dari tidak mematuhi aturan yang berlaku”. Kata Kunci: Pengembangan, Soft Skill, Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:58
Last Modified: 30 Apr 2019 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12523

Actions (login required)

View Item View Item