IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs N BLORA

Muji, Muji (2018) IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs N BLORA. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Metode resitasi merupakan suatu metode penyajian bahan dimana guru memberika tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Metode ini digunakan dengan tujuan agar peserta didik menjadi aktif dalam belajar serta bertujuan untuk merangsang meningkatkan hasil belajar. Metode resitasi dapat diterapkan pada semua mata pelajaran termasuk diantaranya dalam pembelajaran fiqih. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah pembelajaran fiqih di MTs N Blora, dan yang menjadi fokus bahasan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode resitasi. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyimpulkan bahwa prose penerapan metode resitasi dalam pembelajaran fiqih dibagi tiga tahapan yaitu,1)tahap persiapan, pada tahap ini guru mempersiapkan rencana pembelajaran yaitu dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). 2) Tahap pelaksanaan, pada tahap ini guru menyampaikan materi kemudian memberikan tugas-tugas kepada peserta didik, setelah itu tugas yang telah selesai dikerjakan peserta didik mempertanggung jawabkan tugas yang telah dikerjakan kepada guru. 3) Tahap penilaian atau evaluasi, pada tahapan ini guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan kemudian mengevaluasi hasil pembelajaran. Setelah melakukan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa implementasi metode resitasi dalam pembelajaran fiqih di MTs N Blora sudah berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari peserta didik yang mandiri dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, serta peserta didik dapat mengerjakan tugastugas yang diberikan guru. Kata kunci: Metode Resitasi, Pembelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:59
Last Modified: 30 Apr 2019 01:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12516

Actions (login required)

View Item View Item