HUBUNGAN ANTARA PROGRAM KOMUNIKASI, INFORMASI, EDUKASI (KIE) DAN KREDIBILITAS PETUGAS KESEHATAN DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA (PIS-PK) DI KECAMATAN MLONGGO JEPARA

Safitri, Ninda Nur (2018) HUBUNGAN ANTARA PROGRAM KOMUNIKASI, INFORMASI, EDUKASI (KIE) DAN KREDIBILITAS PETUGAS KESEHATAN DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA (PIS-PK) DI KECAMATAN MLONGGO JEPARA. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (856kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Pembangunan Nasional adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa. Adapun pembangunan dibidang kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan yaitu meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat agar terwujud derajat kesehatan melalui program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK. Dari latar belakang diatas maka ditemukan masalah penelitian yaitu bagaimana Hubungan Antara Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) dan Kredibilitas Petugas Kesehatan Dengan Partisipasi Masyarakat Dalam Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Kecamatan Mlonggo Jepara? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) dan kredibilitas petugas kesehatan dengan partisipasi masyarakat dalam program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) di kecamatan Mlonggo. Teori yang digunakan adalah teori Komunikasi, Informasi dan Edukasi dengan teori pendukung teori kredibilitas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatori. Data primer dikumpulkan melalui hasil kuesioner terhadap 100 responden di kecamatan Mlonggo dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman rank dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kunjungan rumah yang dilakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas Mlonggo dalam menyampaikan program Indonesia Sehat melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) memiliki hubungan yang positif dengan partisipasi masyarakat dengan angka korelasi 0.630 menunjukkan korelasi kuat kerena terletak diantara 0,60 – 0,79 sedangkan kredibilitas petugas kesehatan dengan partisipasi masyarakat memiliki hubungan yang positif dengan angka korelasi 0,713 menunjukkan korelasi kuat karena terletak diantara 0,60 – 0,79. Jadi, Komunikasi, Informasi, Edukasi dan kredibilitas petugas kesehatan memiliki hubungan positif dengan partisipasi masyarakat dalam program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga. Dengan keterbatasan yaitu Sulitnya jadwal bertemu dengan responden. Kata Kunci : Komunikasi, Informasi, Edukasi, Kredibilitas, Partisipasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:52
Last Modified: 30 Apr 2019 01:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12441

Actions (login required)

View Item View Item