TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA WANITA DI KOTA SEMARANG (Studi Analisis di Dinas Ketenagakerjaan Kota Semarang)

Farnanda, Gana Nugraha (2018) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA WANITA DI KOTA SEMARANG (Studi Analisis di Dinas Ketenagakerjaan Kota Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Pengertian pekerjaan secara umum didefinisikan sebagai sebuah kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia. Bagi pekerja perempuan yang belum berkeluarga, masalah yang timbul pasti berbeda dengan yang sudah berkeluarga yang sifatnya lebih subyektif, meski secara umum dari kondisi objektif tidak ada perbedaan-perbedaan. Perhatian yang benar bagi pemerintah dan masyarakat terhadap pekerja/buruh perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Pelaksanaan perlindungan yang dilakukan pemerintah dalam melindungi tenaga kerja wanita di Kota Semarang, untuk mengetahui dan menganalisis kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan perlindungan yang dilakukan pemerintah pada tenaga kerja wanita di Kota Semarang, untuk mengetahui dan menganalisis solusi yang harus dilakukan Pemerintah Kota Semarang untuk mengatasi hambatan terkait pelaksanaan perlindungan tenaga kerja wanita di Kota Semarang. Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan secara yuridis sosiologis. Adapaun sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari studi lapangan dengan wawancara . Dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Hasil penelitian penulis mendapatkan jawaban dari rumusan permasalahan adalah Pelaksanaan perlindungan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Semarang sudah dilakukan sesuai dengan perturan perundang-undangan tentang ketenagakerjaan, Kendala yang ditemui oleh pemerintah Kota Semarang dalam pelaksanaan pengawasan dan perlindungan tenaga kerja perempuan diantaranya adalah kendala intern (dalam) pemerintah itu sendiri diantaranya pelaksanaan pengawasan keselamatan tenaga kerja wanita yang disebabkan pihak perusahaan tidak terbuka dengan data pekerja wanitanya, kemudian jam waktu pekerjaan tenaga kerja perempuan sama dengan jam kerja tenaga kerja laki-laki, serta aturan dari waktu cuit jika tenaga kerja wanita itu sedang hamil, Solusi yang dilakukan untuk menjawab kendala pelaksanaan pengawasan dan perlindungan tenaga kerja perempuan adalah menambahkan Sumber daya manusia (SDM) di dinas ketenagakerjaan Kata Kunci : Perlindungan, Tenga kerja Wanita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:39
Last Modified: 30 Apr 2019 01:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12208

Actions (login required)

View Item View Item