PEMBINAAN TERHADAP NARAPIDANA RESIDIVIS TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi kasus di Lapas Kelas I Kedungpane Semarang)

Risdiana, Vina Okti (2018) PEMBINAAN TERHADAP NARAPIDANA RESIDIVIS TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi kasus di Lapas Kelas I Kedungpane Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ABSTRACK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
PUBLIKASI.jpg

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar narapidana dan tahanan kasus narkotika di lembaga permasyarakatan termasuk kategori penyalah guna dan untuk menyembuhkan penyalah guna dari ketergantungan narkotika seharusnya dengan rehabilitasi bukan dengan dijatuhi hukuman penjara. Lembaga permasyarakatan merupakan instansi terakhir dari rangkaian sub-sub sistem dari sistem peradilan pidana yang berfungsi sebagai tempat pelaksanaan pembinaan terhadap narapidana. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembinaan terhadap narapidana residivis tindak pidana penyalahgunaan narkotika dan apa yang menjadi kendala bagi lembaga permasyarakatan dalam pelaksanaan pembinaan terhadap narapidana residivis tindak pidana penyalahgunaan narkotika beserta upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan pendekatan yuridis sosiologis dengan menggunakan wawancara sebagai panduan dalam melakukan wawancara terhadap informan. Hasil penelitian ini dipaparkan secara deskriptif analisis dengan mengambil lokasi penelitian di Lembaga Permasyarakatan Kelas I Kedungpane Semarang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka dan studi dokumen yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan narapidana residivis tindak penyalahgunaan narkotika di Lembaga Permasyarakatan Kelas I Kedungpane Semarang belum efektif karena pembinaan masih dilakukan secara umum dan masih banyak kendala-kendala yang menghambat berhasilnya kesuksesan pembinaan diantaranya faktor dari dalam diri narapidana itu sendiri, faktor undang-undang yang tidak mengatur klasifikasi terhadap narapidana residivis dan non residivis, faktor kurangnya kuantitas dan kualitas penegak hukum di lembaga permasyarakatan, faktor sarana dan prasarana di lembaga permasyarakatan yang tidak memadai untuk kelancaran pembinaan, dan faktor masyarakat yang secara tidak langsung ikut berperan dalam suksesnya pembinaan. Kata kunci: Pembinaan narapidana, residivis, penyalahgunaan narkotika, lembaga permasyarakatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:09
Last Modified: 30 Oct 2018 03:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11822

Actions (login required)

View Item View Item