PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU DI PT. TELKOM AKSES YOGYAKARTA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

Rani, Rahmi Kartika (2018) PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU DI PT. TELKOM AKSES YOGYAKARTA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
FILE 8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Terbentuknya Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum kepada para tenaga kerja. Termasuk di dalamnya mengatur mengenai tenaga kerja waktu tertentu, yang selebihnya dijelaskan bahwa Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu diatur dalam Kepmenakertrans Nomor 100 Tahun 2004. Namun adanya peraturan tersebut, belum sepenuhnya dapat melindungi hak-hak Tenaga Kerja Waktu Tertentu. Banyak kasus tenaga kerja yang melebihi waktu kontrak yang ditentukan oleh undang-undang, serta adanya masa percobaan yang seharusnya tidak berlaku bagi Tenaga Kerja Waktu Tertentu. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis melaksanakan penelitian di PT. Telkom Akses Yogyakarta dengan menjadikan Tenaga Kerja Waktu Tertentu atau kontrak sebagai narasumber. Sehingga permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan perjanjian kerja waktu tertentu di PT. Telkom Akses Yogyakarta dan (2) Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap Tenaga Kerja Waktu Tertentu di PT. Telkom Akses Yogyakarta berdasarkan Undang-undang No. 13 tahun 2003 dalam pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu yang telah disepakati. Dalam hal ini penulis menggunakan metode penelitian Yuridis-Sosiologis, yaitu selain menggunakan asas dan prinsip hukum dalam meninjau, melihat, dan menganalisa masalah-masalah, penulis juga melakukan wawancara langsung dengan narasumber yaitu tenaga kerja di PT. Telkom Akses Yogyakarta. Sehingga penulis dapat menyimpulkan apakah antara peraturan dan asas hukum tentang perjanjian kerja waktu tertentu yang berlaku dengan pelaksanaan perjanjian kerja waktu tertentu sudah sesuai atau belum. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada ketidak sesuaian antara peraturan yang berlaku dengan pelaksanaan perjanjian kerja tersebut akibat adanya OJT atau masa percobaan dalam pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, (2) hak-hak Tenaga Kerja Waktu Tertentu di PT. Telkom Akses Yogyakarta dilindungi oleh Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Kepmenakertrans Nomor 100 Tahun 2004, dan Peraturan Perusahaan No: KEP. 1097/PHIJKS-PK/PP/VIII/2016. KATA KUNCI: PKWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:47
Last Modified: 30 Oct 2018 02:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11794

Actions (login required)

View Item View Item