TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DEBITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) DI KOTA SEMARANG

Fajrin, Niken Amelia (2018) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DEBITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
File 1. COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3. DAFTAR ISI.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Pernyataan Publikasi.jpg

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 4. BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
File 5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text
File 6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
File 7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
File 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Dalam Pasal 3 dan Pasal 4 Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 sebagaimana telah diubah menjadi Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan menyebutkan bahwa fungsi utama Perbankan Indonesia yaitu sebagai penghimpun dan penyalur dana dari masyarakat yang bertujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional kearah peningkatan kesejahteraan rakyat. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan atas tanah pada BRI di kota semarang, Untuk mengetahui perlindungan hukum bagi debitur dalam perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan atas tanah pada BRI di kota semarang, Untuk mengetahui yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan atas tanah pada BRI di kota semarang dan solusinya. Metode penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian yaitu deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, dimana data primer diperoleh melalui wawancara dan data sekunder diperoleh dengan membaca dan mengkaji bahan-bahan pustaka. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Kesimpulan : 1) Pelaksanaan perjanjian kredit adalah sebagai berikut: a) Syarat untuk mengajukan pinjaman kredit yaitu: persiapkan KTP, surat keterangan usaha, kelengkapan surat agunan, kartu NPWP, buku tabungan, 2) Perlindungan hukum bagi debitur yaitu: Berdasarkan Pasal 18 ayat (1) huruf g Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan berdasarkan Undang-undang Hak Tanggungan Pasal 2 ayat (1) UUHT, Pasal 2 ayat (2) UUHT, Pasal 6 jo Pasal 11 ayat (2) huruf e UUHT, dan Pasal 12 UUHT. Hambatan dan solusi bagi pihak debitur dan kreditur. Hambatan bagi pihak debitur yaitu: nasabah/debitur keberatan dengan agunannya dilelang. Solusinya, nasabah/debitur yang mengeluh agunannya dilelang bisa mengadu ke lembaga alternatif penyelesaian sengketa perbankan Indonesia (LAPSPI). Hambatan bagi pihak kreditur yaitu: data yang diajukan nasabah kurang lengkap, usaha dari debitur kurang jelas, tidak adanya keterbukaan debitur. Solusinya, pembinaan terhadap nasabah, pendekatan terhadap nasabah, dan pihak bank membuat brosur secara rinci dan lengkap yang di publikasikan secara umum agar pihak debitur bisa mengetahui. Kata Kunci : Perjanjian Kredit, Perlindungan, Hak Tanggungan, Hambatan dan Solusi dalam Perjanjian Kredit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:45
Last Modified: 30 Oct 2018 02:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item