Asnova, Ega (2018) TANGGUNG JAWAB PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKA KURIR (JNE) BERDASARKAN UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.
|
Image
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.jpg Download (819kB) | Preview |
|
|
Text
File 1_COVER.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
File 2_ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
File 3_DAFTAR ISI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
File 4_BAB I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text
File 5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text
File 6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text
File 7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
||
|
Text
File 8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Dalam dunia perdagangan soal angkutan memegang peranan yang sangat vital tidak hanya sebagai alat fisik, alat yang harus membawa barang-barang yang diperdagangkan dari produsen ke konsumen, tetapi juga sebagai alat penentu harga dari barang-barang tersebut. Jasa pengiriman barang dan perdagangan memiliki hubungan yang saling mempengaruhi. Berkembangnya perdagangan sangat dipenaruhi oleh lahirnya jasa pengiriman barang. Jasa pengiriman barang juga berperan serta dalam pertumbuhan perdagangan luar dan dalam negeri. Dalam penulisan skripsi ini, tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui prosedur pengiriman di PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKA KURIR (JNE) terhadap kiriman barang dan untuk mengetahui tanggung jawab PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) atas kiriman-kiriman paket yang mengalami keterlambatan, kehilangan atau kerusakan pada kiriman tersebut. Dalam penulisan hukum ini penulis menggunakan metodi pendekatan yuridis empiris, dimulai dengan menganalisa terhadap undang – undang dan peraturan lain yang berkaitan dengan masalah pembahasan tanggung jawab PT. JNE, kemudian dikaitkan dengan kenyataan yang ada atau senyatanya terjadi dilapangan. Berdasarkan penelitian yang dipperoleh bahwa dalam hal ini mengenai perlindungan hukum tertera dalam UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan mengenai pertanggung jawaban apabila terjadi pada suatu barang tersebut sebelum sampai tujuan atau keterlambatan, kerusakan dan kehilangan yang parah maka perusahaan akan memberikan ganti rugi sesuai dengan syarat syarat yang tercantum dalam Syarat Standar Pengiriman (SSP) yang tercantum di belakang resi pengiriman atau ditempel di dinding ruangan konter pengiriman. Sebaiknya pihak perusahaan lebih meningkatkan kedisiplinan atas kinerja pegawai tentang masalah mengabari melalui (SMS) ke pengirim atau penerima jika barang sudah dikirim ke tujuan. Dan sebaiknya perusahaan memberikan kualitas layanan yang sama dalam perbedaan jenis paket kiriman. Kata kunci : Perjanjian Pengiriman/Paket Barang, Tanggung Jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 02:40 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 02:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11702 |
Actions (login required)
View Item |