PENGUKURAN KINERJA LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL NETWORK PROCESS (FANP) DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX) DENGAN PENDEKATAN INTEGRATED ENVIRONMENTAL PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEM (IEPMS)(Studi Kasus PG. Pakis Baru)

MERCURYASTUTI, ARDIAN IRA (2018) PENGUKURAN KINERJA LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL NETWORK PROCESS (FANP) DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX) DENGAN PENDEKATAN INTEGRATED ENVIRONMENTAL PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEM (IEPMS)(Studi Kasus PG. Pakis Baru). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PG. Pakis Baru yang berlokasi di Desa Pakis, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang berada dibawah naungan PT. Laju Perdana Indah, merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam pengolahan tebu menjadi Gula Kristal Putih dengan kapasitas produksi ± 3000 ton tebu per hari. Oleh karena itu, untuk mengetahui seberapa besar kegiatan dari suatu proses industri berpengaruh terhadap lingkungan, diperlukan suatu sistem pengukuran kinerja lingkungan yang bertujuan untuk mengetahui indikator-indikator performansi lingkungan dari perusahaan sehingga dapat dilakukan perbaikan maupun pencegahan dalam mencapai visi dan misi perusahaan. Oleh karena itu, untuk mengetahui seberapa besar kegiatan dari suatu proses industri berpengaruh terhadap lingkungan, diperlukan suatu sistem pengukuran kinerja lingkungan yang bertujuan untuk mengetahui indikator-indikator performansi lingkungan dari perusahaan sehingga dapat dilakukan perbaikan maupun pencegahan dalam mencapai visi dan misi perusahaan. Berdasarkan dari aktivitas perusahaan, dipadukan dengan pendekatan IEPMS, terbentuk 16 Key to Environmental Performance Indicator (KEPI) yang dapat digunakan sebagai indikator pengukuran kinerja lingkungan. Terdiri dari 10 (sepuluh) KEPI berdasarkan hasil operasional produksi dan 6 (enam) KEPI berdasarkan aktivitas manajerial perusahaan. Berdasarkan hasil pembobotan menggunakan Fuzzy ANP, proses pendataan, identifikasi dan pelaporan menjadi indikator dengan tingkat kepentingan tertinggi. Sementara pengolahan data pada penilaian kinerja menggunakan OMAX dan TLS, terdapat 10 indikator (KEPI) terklasifikasi warna hijau yang menyatakan bahwa target perusahaan sudah tercapai sehingga hanya diperlukan pengawasan untuk menjaga konsistensi dan 6 lainnya terklasifikasi dalam warna kuning yang menyatakan bahwa target perusahaan terhadap indikator-indikator tersebut belum tercapai sehingga diperlukan perbaikan dan pengawasan yang lebih intensif agar target dapat tercapai. Kata Kunci : Fuzzy ANP, IEPMS, KEPI, Objective Matrix, Pengukuran Kinerja Lingkungan, PG. Pakis Baru, Traffic Light System

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:34
Last Modified: 30 Oct 2018 02:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11646

Actions (login required)

View Item View Item