Pratama, Rangga Oktavianto Elang Daru and Sugiarto, Sugiarto (2018) ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN LALU LINTAS TERHADAP KINERJA JALAN DR SUTOMO IV (Studi Kasus Jalan Depan POLRESTABES SEMARANG). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (97kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
Abstract
Pentingnya0sarana transportasi untuk menghubungkan0tempat kediaman0asal menuju tempat0tujuan baik dengan0ataupun tanpa0sarana. Mobilitas lancar0hanya akan0terwujud bila terjadi0keseimbangan antara0penyediaan0ruang0dan moda sesuai0dengan permintaan. Untuk itu dari segi sarana dan prasarana jalan, diperlukan0perencanaan sistem transportasi, perencanaan0tata guna lahan0yang baik, perbaikan0moda transportasi, peningkatan sumber daya manusia0juga ketaatan terhadap sistem pengaturan lalu0lintas yang ada dapat berjalan dengan baik. Tujuan0dari penelitian ini0adalah untuk menganalisis pengaruh0pertumbuhan lalu0lintas, kapan akan terjadi kemacetan0total, dan mengetahui kinerja lalu0lintas kendaraan yang meliputi kecepatan0rata-rata, tingkat kepadatan maupun besar kapasitas0jalan. Penelitian ini menggunakan metode0survei pengumpulan dan pengolahan0data. Untuk memperoleh data geometrik0jalan dilakukan dengan0pengamatan dan pengukuran secara0langsung pada lokasi penelitian dari jalan dr Sutomo IV tepatnya di depan Polrestabes Semarang. Data volume lalu lintas jumlah kendaraan diamati menggunakan kamera video yang untuk perhitungan menggunakan short0break0counting. Data diambil pada hari0Sabtu, minggu dan senin0pada puncak0pagi, siang maupun0sore kemudian didapatkan total jumlah0kendaraan dan tiap jenis kendaraan MC,0LV maupun0HV. Analisis kinerja ruas0jalan perkotaan yang dilakukan dengan berbagai indikator kinerja yaitu kecepatan0arus bebas (Free Flow Speed/FV), kapasitas (Capacity/C), derajat kejenuhan (Degree of Saturation/DS), kecepatan0tempuh dan waktu tempuh0rata – rata (Traveling Time/TT), serta0menganalisis tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) pada0ruas jalan tersebut. Berdasarkan hasil0perhitungan dan analisis segmen jalan tersebut pada bulan Januari tahun 2017 memiliki kecepatan0arus bebas (FV) = 37,73 km/jam, kapasitas (C) = 4141,2 SMP/jam, derajat0kejenuhan (DS) = 0,94 yang0melebihi nilai yang disyaratkan dalam0MKJI 1997 yaitu 0,75 untuk jalan0perkotaan, kecepatan0tempuh (V) = 26 km/jam, waktu tempuh rata – rata (TT) = 13,86 serta0tingkat pelayanan (Level Of Service/LOS) dikategorikan0tingkat E. Berdasarkan hasil0perhitungan yang terjadi pada tahun 2017, perlu mencari solusi/alternatif – alternatif0untuk menurunkan nilai DS dengan cara meningkatkan0nilai kapasitas. Kata kunci: Jalan Pemuda, Kinerja Ruas Jalan, Level of Service.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 04:53 |
Last Modified: | 29 Oct 2018 04:53 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11560 |
Actions (login required)
View Item |