THE USE OF SNAKE AND LADDER GAME AS A MEDIA TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL (The Case of the X Graders of MAN 01 SEMARANG in the Academic Year of 2014/2015)

Ni’mah, Sofwatin (2014) THE USE OF SNAKE AND LADDER GAME AS A MEDIA TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL (The Case of the X Graders of MAN 01 SEMARANG in the Academic Year of 2014/2015). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbicara adalah salah satu ketrampilan bahasa yang paling penting karena berbicara adalah salah satu kemampuan untuk mengeluarkan pembicaraan. Tanpa berbicara, orang tidak bisa berkomunikasi dengan yang lain dengan mudah, demikian proses komunikasi tidak akan berjalan dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Ular Tangga efektif digunakan untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Semarang di Jl. Brigjen Sudiarto Pedurungan Kidul Semarang. Design penelitian ini menggunakan quasi experimental. Populasi dari penelitian ini adalah MAN 1 Semarang dan samplenya yaitu siswa kelas sepuluh. Mereka adalah siswa kelas X MIA 4, X MIA 5 and X MIA. Total semuanya adalah sekitar 119 siswa. Kemudian peneliti membagi menjadi tiga kelompok yaitu X MIA 5 sebagai kelompok try out, X MIA 4 sebagai kelompok kontrol dan X MIA 6 sebagai kelompok experimental. Peneliti mengunakan pretest dan post test dalam mengumpulkan data. Hasil dari pretest adalah 65.75 untuk kelompok experiment dan 66.16 untuk kelompok kontrol. Kemudian, peneliti memberikan enam kali treatmen untuk kelompok experimental; setelah diberi treatmen peneliti memberikan posttest kepada kedua kelompok tersebut. Skor yang dihasilkan dari posttest adalah 75.00 untuk kelompok experiment dan 69.31 untuk kelompok kontrol. Hal itu membuktikan bahwa kelompok experiment telah mengalami peningkatan dalam kemampuan berbicara mereka. Hal ini di dukung oleh rata rata dari kelompok experiment lebih tinggi dari kelompok kontrol, yaitu 75.00>69.31. Kemudian, peneliti melakukan analisa t-test untuk menentukan t-value. Hasilnya menunjukkan df=77 dengan hasil t-value 4.190 dan t-table 1.664 dan itu menunjukkan bahwa t-value >t-table 4.190>1.664. hasil dari sig (2tailed) adlah 0.000<0.005. itu signifikan bahwa H1 diterima. Signifikasinya sebesar 0.434 jika hasil signifikan lebih besar daripada 0.05 berarti bahwa data yang dihasilkan adalah heterogen. Jadi brdasarkan data diatas menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari ketrampilan berbicara siswa antara kelompok experiment dan kontrol. Dari hasil di atas bisa di simpulkan bahwa mengajar berbicara menggunakan permainan “Ular Tangga” sebagai media adalah efektif digunakan untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa. Kata Kunci: Permainan “Ular Tangga”,media, ketrampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Sep 2015 02:07
Last Modified: 08 Sep 2015 02:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1151

Actions (login required)

View Item View Item