PENGARUH SUPPLY INDUSTRI PARIWISATA TERHADAP FREKUENSI KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Kasus : Pantai Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung)

Rachmanudin, Adhy Ahmad (2018) PENGARUH SUPPLY INDUSTRI PARIWISATA TERHADAP FREKUENSI KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Kasus : Pantai Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)

Abstract

Pantai Tanjung Kelayang terletak di Desa Keciput Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung memiliki luas kawasan sekitar 60 Hektar. Pantai Tanjung kelayang merupakan salah satu dari beberapa destinasi wisata terbaik yang terdapat di Kabupaten Belitung, sehingga ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Nasional (RIPPARNAS) Tahun 2010- 2025. Dengan adanya status tersebut ternyata berdampak pada kunjungan wisatawan di Kabupaten Belitung yang mengalami peningkatan pada tahun 2013-2016 yaitu jumlah wisatawan 131.091 orang tahun 2013 hingga pada tahun 2016 285.773 orang, namun mengalami penurunan pada tahun 2017 yaitu kurang lebih 80 ribu wisatawan mancanegara dan 2 ribu wisatawan lokal. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh Supply Industri Pariwisata Terhadap Kunjungan Wisata di Pantai Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung. Pada tahap awal penelitian ini dilakukan observasi terhadap komponen-komponen pariwisata seperti atraksi wisata, aksesibilitas, fasilitas, dan kelembagaan kemudian melakukan cross-check melalui persepsi wisatawan mengenai supply pariwisata dengan cara melakukan wawancara dan memberikan selebaran kuesioner. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif kuantitatif dengan menggunakan alat statistik korelasi spearman yang digunakan untuk mengetahui kekuatan hubungan antara supply industri wisata terhadap kunjungan wisatawan. Hasil temuan studi menunjukkan supply industri wisata khususnya daya tarik memiliki hubungan yang kuat dengan nilai korelasi 0,56 pelayanan perjalanan wisata 0,514 dan kualitas akomodasi 0,51. Ketiga aspek tersebut mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Kelayang. Kata Kunci : Pariwisata, Supply, Kunjungan Wisatawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:13
Last Modified: 05 Oct 2018 04:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11499

Actions (login required)

View Item View Item