PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA WHEELS SMART KELAS V SDN 02 KRAMAT

Dewi, Nur Lusiana (2018) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA WHEELS SMART KELAS V SDN 02 KRAMAT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (882kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah Matematika materi bangun datar melalui model Problem Solving berbantuan media Wheels Smart di kelas V SDN 02 Kramat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksana, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini kelas V SD Negeri 02 Kramat, dengan jumlah siswa 27. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Pada siklus I kemandirian belajar mendapatkan presentase 71,25% dalam kategori kemandirian belajar baik, sedangkan siklus II mengalami peningkatan dengan mendapat presentase 88,23% dalam kategoro kemandirian belajar sangat baik. Uji gain ternormalisasi sebesar 0,6% dalam interpretasi sedang. Pada kemampuan pemecahan masalah, siklus I memperoleh presentase klasikal 66,7% dengan rata-rata 70,16, sedangkan siklus II ketuntasan klasikal 85,18% dengan rata-rata 86,81. Uji gain ternormalisasi sebesar 0,4% dalam interpretasi sedang. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Pemecahan Masalah Matematika, Model Problem Solving. Media Pembelajaran Wheels Smart

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:10
Last Modified: 05 Oct 2018 04:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11446

Actions (login required)

View Item View Item