Sucahyo, Eko (2018) ANALISIS PENGGUNAAN TANDA BACA PADA HASIL TULISAN CERPEN SISWA KELAS V SDN MLATIHARJO 01 KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
Abstract
Penggunaan tanda baca pada pada hasil tulisan cerpen kelas V masih tergolong rendah. Dikarenakan siswa belum menggunakan tanda baca dengan benar dan lebih banyak mengalami kesalahan. Maka dari itu sebagai seorang guru harus bisa lebih kreatif untuk menyampaikan materi yang akan disampaikan.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh siswa memahami tentang penggunaan tanda baca Penggunaan siswa tentang tanda baca titik cukup banyak yaitu berjumlah 285, pada penggunaan tanda titik siswa banyak menggunakan benar pada akhir kalimat dengan jumlah 162, sedangkan salahnya 123 pada penggunaan tanda baca titik. Penggunaan siswa tentang tanda baca koma cukup banyak yaitu berjumlah 111, siswa kebanyakan tidak mengetahui tanda baca koma dipakai di belakang keterangan yang terdapat pada awal kalimat untuk menghindari salah baca atau pengertian. Siswa banyak mengalami salah menuliskan tanda baca koma berjumlah 86 dan benarnya 25 saja. Penggunaan siswa tentang tanda baca hubung cukup banyak yaitu berjumlah 112, pada penggunaan tanda baca hubung siswa banyak menggunakan benar berjumlah 67 untuk menyambung unsur kata ulang, sedangkan salahnya 45 pada penggunaan tanda baca hubung. Penggunaan siswa tentang tanda baca tanya sedikit hanya berjumlah 16, tetapi siswa banyak mengalami salah dari pada benar saat menuliskan tanda baca tanya. Adapun salahnya berjumlah 16, sedangkan benarnya hanya 1 pada penggunaan tanda tanya. Penggunaan siswa tentang tanda baca seru sedikit hanya berjumlah 8, tetapi siswa banyak mengalami salah dari pada benar saat menuliskan tanda baca seru. Adapun salahnya berjumlah 8, sedangkan benarnya tidak ada satupun yang benar. Penggunaan siswa tentang tanda baca petik cukup banyak yaitu berjumlah 67, tetapi siswa banyak mengalami salah dari pada benar saat menuliskan tanda baca petik. Adapun salahnya berjumlah 63, sedangkan benarnya hanya 4 pada penggunaan tanda baca petik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh siswa dalam menggunakan tanda baca pada hasil tulisan cerpen. Kata Kunci: Penggunaan Tanda Baca, Hasil Tulisan Cerpen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:15 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:15 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11403 |
Actions (login required)
View Item |