Muzayyanah, Alfiyatum (2018) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU DOMINO PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGREJO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
Abstract
Nilai belajar siswa secara umum masih rendah, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan nilai belajar siswa sesuai dengan KKM yang sudah ada yaitu 65. Pembelajaran Discovery Learning digunakan sebagai model pembelajaran berbasis penemuan dengan bimbingan guru sehingga siswa dapat menyelesaikan suatu permasaahan dengan mandiri dan mengacu pada keingintahuan pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan rasa ingin tahu dan nilai belajar IPA melalui pembelajaran Discovery Learning berbantuan media kartu domino yang menarik pada siswa kelas V. Peningkatan rasa ingi tahu siswa dalam pembelajaran Discovery Learning dibuktikan menggunakan observasi dan nilai evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri 2 Karangrejo TA 2017/2018. Teknik pengumpulan data pada penelitian, meliputi observasi, dan tes. Adannya peningkatan rasa ingin tahu yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh presentase 63% dengan kriteria baik dalam sikap rasa ingin tahu pada siswa sedangkan pada siklus II diperoleh presentase 86% dengan kriteria sangat baik. Adannya peningkatan nilai belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai belajar pada setiap siklusnnya. Pada siklus I diperoleh ketuntasan klaksikal sebesar 67,31%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan klaksikal sebesar 84,61%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimplkan bahwa pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatan rasa ingin tahu dan nilai belajar di kelas V SD Negeri 2 Karangrejo. Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Nilai Belajar, Pembelajaran Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:14 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11390 |
Actions (login required)
View Item |