Sari, Novita (2018) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS V SDN BANGETAYU WETAN 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
4 BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
5 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
||
Text
6 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text
8 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
||
Text
7 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
1 COVER.pdf Download (997kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran Inside Outside Circle berbantuan dengan media audio visual dikelas V SDN Bangetayu Wetan 02 dikota Semarang.Partisipasi dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dikelas V SDN Bangetayu Wetan 02 Semarang yang jumlah siswanya adalah 30. Tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus,siklus pertama (1) terdiri dari 2 pertemuan dan siklus kedua (2) juga terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap akhir siklus,guru memberikan soal evaluasi yang mempunyai tujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu menguasai materi yang telah diajarkan. Pada penelitian ini terdapat instrumen yang terdiri dari lembar observasi,lembar angket,lembar evaluasi,lembar wawancara dan lembar dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa adanya peningkatan minat siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus yang pertama (1) memperoleh skor sebanyak 1306 dengan presentase 73% yang termasuk kedalam kriteria sikap baik,sedangkan pada siklus kedua (2) minat siswa menunjukan peningkatan dengan jumlah skor 1543 dengan presentase 86% dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Dengan adaya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukan dengan adanya hasil peningkatan prestasi belajar disetiap siklusnya. Siklus pertama (1) dengan nilai rata-rata siswa adalah 68,6 dengan presentasi ketuntasan 60%. Sedangkan pada siklus kedua (2) nilai rata-rata siswa adalah 71,1 dengan presentase ketuntasan 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian ,dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Inside Outside Circle berbantuan dengan media audio visual dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar PKn dikelas V SDN Bangetayu Wetan 02 Semarang. Kata Kunci : Minat, Prestasi Belajar, Inside Outside Circle
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11374 |
Actions (login required)
View Item |