THERELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AND THEIR LEARNING ACHIEVEMENT (The Case of the Seventh Graders of SMP Sultan Agung 4 Semarang)

Farikah, Anisatul (2014) THERELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AND THEIR LEARNING ACHIEVEMENT (The Case of the Seventh Graders of SMP Sultan Agung 4 Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengenai hubungan antara motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dan prestasi belajar mereka pada siswa kelas tujuh SMP Sultan Agung 4 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui data empiris mengenai hubungan antara motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dan prestasi belajar mereka pada siswa kelas tujuh SMP Sultan Agung 4 Semarang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tujuh SMP Sultan Agung 4 Semarang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Desain penelitian ini adalah penelitian korelasional. Dengan menggunakan kuota sampling penulis mengambil 50% atau 15 responden dari empat kelas dengan total sampel adalah 60 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang terdiri dari 10 item dan masing-masing memiliki lima pilihan. Kuesioner disusun oleh penulis berdasarkan dua jenis motivasi (intrinsik dan motivasi extrinstic). Wawancara dilakukan dengan menanyakan siswa menganai persepsi mereka terhadap proses pembelajaran bahasa Inggris. Untuk mengetahui prestasi belajar bahasa Inggrissiswa, penulis menggunakan nilai bahasa Inggris dari buku- raport mereka. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dan prestasi belajar mereka. Nilai analisis korelasi menghasilkan 0,801 dimana nilai ini berada dalam kriteria kisaran korelasi yang kuat. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hypothesisi penelitian ini yang menyatakan bahwa "terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dalam belajar bahasa Inggris dan prestasi belajar mereka pada siswa kelas tujuh SMP Sultan Agung 4 Semarang" diterima. Kata kunci: Motivasi siswa, pencapaian belajar siswa, penelitian korelasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Sep 2015 01:22
Last Modified: 07 Sep 2015 01:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item