PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASITERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris pada SKPD Kabupaten Grobogan)

Handayani, Ita Tri (2018) PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASITERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris pada SKPD Kabupaten Grobogan). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Organisasi sektor publik baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di Indonesia kini dalam praktiknya diwarnai dengan adanya fenomena tuntutan akuntabilitas. Hal yang mungkin mempengaruhi kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yaitu penerapan sistem informasi akuntansi, karena pada dasarnya sistem akuntansi yaitu salah satu sistem penyusunan laporan keuangan daerah. Hal lain yang mungkin mempengaruhi kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yaitu penerapan standar akuntansi pemerintah, melalui penyusunan dan pengembangan Standar Akuntansi Pemerintah untuk meningkatkan keandalan serta akuntabilitas pengelolaan keuangan pemerintah. Hal lainnya yang mungkin mempengaruhi kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yaitu pemanfaatan teknologi informasi, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, diharapkan pemerintah dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan daerah dan dapat menyampaikan suatu informasi keuangan daerah kepada publik. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, dengan menggunakan data primer berupa kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh SKPD Kabupaten Grobogan sedangkan penentuan sampel menggunakan metode convinience slamping, sampel penelitian ini adalah 13 SKPD, kuesioner yang disebar sebanyak 43 kuesioner untuk pejabat struktural dan tata usaha keuangan pada masing-masing SKPD. Metode analisis yang digunakan adalah uji analisis regresi linier berganda dengan bantuan progam komputer SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, penerapan standar akuntansi pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Kata kunci :Kualitas Laporan Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi, Standar Akuntansi Pemerintah, Teknologi Informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 03:58
Last Modified: 05 Oct 2018 03:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11030

Actions (login required)

View Item View Item