PENGARUH LIKUIDITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)

Rahma, Fatmawati Auliya (2018) PENGARUH LIKUIDITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan dan investment opportunity set terhadap kualitas laba. Pada penelitian ini proksi yang digunakan untuk mengukur nilai kualitas laba adalah menggunakan model pendekatan Penman (2001) dalam Setianingsih (2013) yang mengukur kualitas laba dengan menghitung rasio antara arus kas operasional dibagi dengan laba bersih perusahaan. Semakin rendah rasio yang dihasilkan, maka semakin tinggi kualitas laba perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Prosedur penentuan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling yang berdasarkan kriteria perusahaan manufakturyang konsisten terdaftar di BEI selama periode 2014-2016, perusahaan manufaktur yang tidak mengalami kerugian, laporan keuangan disajikan dalam mata uang rupiah, periode laporan keuangan berakhir pada tanggal 31 Desember dan tidak ada yang menunjukkan nilai negative serta mempunyai informasi data keuangan lengkap. Pengujian data menggunakan SPSS Statistics 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel likuiditas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Variabel kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laba. Sedangkan variabel investment opportunity set berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas laba. Kata Kunci : Likuiditas, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, investment opportunity set dan kualitas laba

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 03:57
Last Modified: 05 Oct 2018 03:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11013

Actions (login required)

View Item View Item