Fatimah, Siti (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG DI ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL BERDASARKAN PENILAIAN PASIEN TAHUN 2018. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tingginya biaya kesehatan semakin menyulitkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan.Salah satu metode yang dapat digunakan dalam meringankan beban pembiayaan kesehatan yaitu dengan menggunakan asuransi. Upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat seperti adanya BPJS Kesehatan dengan salah satu programnya yaitu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pasien rawat inap kelas III Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang di Era Jaminan Kesehatan Nasional. Penelitian yang digunakan merupakan observasional analitik dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada 98 pasien rawat inap kelas III, peserta JKN (PBI dan non PBI) yang telah mendapat perawatan minimal 1 hari, bersedia diwawancarai, dan pasien usia di bawah 15 tahun diwakili oleh orang tua atau keluarga (bila ada). Instrument penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Kualitas pelayanan pasien rawat inap kelas III dianalisis dengan menggunakan Skala Likert dan Diagram Kartesius. Hasil penelitian pasien JKN pada rawat inap kelas III terdapat 15 pernyataan dalam kategori sangat berkualitas dan 5 pernyataan dalam kategori berkualitas. Secara keseluruhan dari kualitas pelayanan berdasarkan 5 dimensi pasien rawat inap kelas III Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang berdasarkan penilaian pasien termasuk dalam kategori sangat berkualitas. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata dari 5 dimensi diperoleh (79%). Kesimpulan penelitian ini yaitu pelayanan pasien rawat inap kelas III dapat dinyatakan sangat berkualitas dan pelu dilakukan beberapa perbaikan atau mendapat prioritas utama pada beberapa pernyataan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, JKN, rawat inap kelas III, Diagram Kartesius, Skala Likert
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Fakultas Kedokteran > Farmasi |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 07 May 2018 07:57 |
Last Modified: | 07 May 2018 07:57 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10747 |
Actions (login required)
View Item |