HUBUNGAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Bachtiar, Nanda (2018) HUBUNGAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Komunikasi merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai dan dipahami oleh setiap perawat dalam memberikan pelayanan di Rumah Sakit, komunikasi tersebut dalam bentuk verbal maupun nonverbal, penelitian sebelumnya oleh Dody & Titik 2009 menunjukkan hasil komunikasi verbal kurang sebanyak 4 responden (5,3%), cukup sebanyak 21 responden (28%) dan baik sebanyak 50 responden (66,7%). Komunikasi non verbal kurang sebanyak 2 responden (2,7%), cukup sebanyak 25 responden (33,3%) dan baik sebanyak 48 responden (64%). Kepuasan kurang sebanyak 11 responden (14,7%), cukup sebanyak 13 responden (17,3%) dan baik sebanyak 51 responden (68%). Ditinjau dari Handayaningsih menjelaskan tentang komunikasi sendiri mempunyai peranan penting untuk menunjang kelancaran semua pelayanan dirumah sakit. Terutama untuk memberikan pelayanan sehingga untuk memberikan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan komunikasi verbal dan nonverbal perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner. Jumlah responden 100 responden dengan teknik simple randome sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji spearman rank. Hasil: Penelitian menunjukan responden yang mengatakan komunikasi verbal perawat baik yaitu 57 responden (57%), dan komunikasi verbal perawat cukup baik yaitu 43 responden (43%). responden yang mengatakan komunikasi nonverbal perawat baik sebanyak 65 responden (65%), dan komunikasi nonverbal perawat cukup baik yaitu 35 responden (35%). Responden puas sebanyak 61 responden (61%), sedangkan responden yang menyatakan cukup puas sebanyak 39 responden (39%). Kesimpulan: Adanya hubungan komunikasi verbal dan nonverbal perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung dengan hasil p-value 0,000 (p-value <0,05). Kata Kunci: Komunikasi verbal, Komunikasi Nonverbal, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:51
Last Modified: 03 May 2018 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10593

Actions (login required)

View Item View Item