ANALISA KINERJA SIMPANG TIGA BERSINYAL (Studi Kasus : Jl. Imam Bonjol dan Jl. Hasanudin, Semarang)

CHOTIMAH, CHUSNUL and RACHMAWATI, ROSITA (2017) ANALISA KINERJA SIMPANG TIGA BERSINYAL (Studi Kasus : Jl. Imam Bonjol dan Jl. Hasanudin, Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sejalan dengan pesatnya perkembangan di Kota Semarang, dengan kondisi lingkungan komersil yang berupa daerah aktivitas penduduk, pertokoan, hotel, apartement dan restoran maka tuntutan lalu lintas semakin padat serta permintaan masyarakat terhadap kendaraan semakin besar sehingga dapat mempengaruhi arus lalu lintas. Pada ruas simpang Jalan Imam Bonjol dan Jalan Hasanudin merupakan salah satu persimpangan bersinyal tiga lengan di Kota Semarang. Adapun permasalahan lalu lintas yang sering terjadi pada persimpangan mengakibatkan kemacetan bahkan kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pergerakan arus lalu lintas dengan mengetahui kinerja simpang dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja simpang ditahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan data primer berupa perhitungan volume lalu lintas, pengamatan fase, waktu siklus dengan melihat kondisi geometrik secara langsung dilapangan dan data sekunder berupa data jumlah penduduk Kota Semarang serta kendaraan bermotor. Adapun dengan cara mengadakan studi mengenai kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode Manual Kapastitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, kinerja simpang bersinyal dapat diketahui bahwa diperoleh waktu siklus 99 detik dengan pengaturan 3 fase, sebagaimana nilai kapasitas simpang hampir tidak mampu melayani transportasi lalu lintas dikarenakan nilai derajat kejenuhan (DS) tertinggi pada pendekat hasanudin mencapai 0,88, dimana melebihi nilai yang ditetapkan yaitu 0,75, serta tundaan rata-rata simpang mencapai 39,8992 det/smp dengan tingkat pelayanan dikategorikan dalam tingkat D. Dengan demikian perlu adanya upaya peningkatannya. Kata kunci : Persimpangan Tiga Bersinyal, MKJI 1997

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:52
Last Modified: 13 Feb 2018 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10310

Actions (login required)

View Item View Item