Lestari, Ummi Puji (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGEDI KELAS V SDN KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil observasi yang dilaksanakan di kelaS VA SDN Karangroto 01 Semarang yang menunjukkan pembelajaran keterampilan menulis siswa masih rendahkarena masih digunakannya pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada guru. Selain itu,penyebab rendahnya keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diantaranya yaitu siswa masih bingung dalam menentukan tanda baca dan penulisan huruf kapital, siswa masih kesulitan dalam menentukan ide atau gagasan apa yang harus ditulis, siswa dalam menulis kurang mampu mengolah kata sehingga tulisannya belum tepat sasaran.Hal ini ditunjukkan dengan masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM pada Ulangan Harian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa materi laporan pengamatan melalui pendektaan pembelajaran Whole Language pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VA SDN Karangroto 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Karangroto 01 Semarang yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Adanya peningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan siswa pada siklus I sebanyak 48% dengan kriteria kurang baik dan pada siklus II meningkat menjadi 83% dengan kriteria siswa sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Whole Language dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan siswa kelas V A SDN Karangroto 01 Semarang. Kata Kunci:menulis, laporan pengamatan, whole language
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:48 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:48 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10230 |
Actions (login required)
View Item |