PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS III SDN BANGETAYU WETAN 01

Sokhifah, Siti (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS III SDN BANGETAYU WETAN 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA melalui pembelajaran dengan model Kooperatif tipe Example non Example di kelas III SDN Bangetayu Wetan 01. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A SDN Bangetayu Wetan 01 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan kreativitas siswa ditunjukan dengan peningkatan indikator kreativitas siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh skor 1580 dengan persentase 79 % termasuk kedalam kriteria kreativitas baik. Pada siklus II memperoleh skor 1683 dengan persentase 84 % dan termasuk kriteria kreativitas sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 80,625 dan persentase ketuntasan kelas 77,5%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,575 dan persentase ketuntasan kelas 95%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Example non Example dapat meningktakan kreativitas dan prestasi belajar IPA di kelas III SDN Bangetayu Wetan 01. Kata Kunci : Kreativitas, Prestasi Belajar, Example non Example

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:47
Last Modified: 13 Feb 2018 03:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10219

Actions (login required)

View Item View Item