Iswari, Rizki (2017) PENGARUH SIKAP KOMUNIKATIF DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP NILAI BELAJAR IPA KELAS V SDN BANGETAYU WETAN 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap komunikatif dalam model pembelajaran guided discovery terhadap nilai belajar IPA kelas V SDN Bangetayu Wetan 01 tahun ajaran 2016/2017 Jl. Bangetayu Raya No. 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,dengan menggunakan sampel purposive,dan desain Pre-Eksperimental Designs(nondesign) yaitu One-GroupPretest-Posttest Design. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VB yang berjumlah 48 siswa, sedangkan populasinya adalah siswa kelas VA dan VB SDN Bangetayu Wetan 01 yang berjumlah 95 siswa . Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur nilai belajar pembelajaran, sedangkan teknik non tes terdiri dari observasi yang digunakan untuk mengukur sikap komunikatif dengan menggunakan lembar observasi, analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Regresi dan Uji T-test Paired semua perhitungan diolah menggunakan progam SPSS versi 16. Sedangkan hasil dari pengaruh sikap komunikatif terhadap nilai, bentuk persamaannya Y= 67.938 + 136 (x) yang berarti semakin tinggi sikap komunikatif dalam model pembelajaran guided discovery secara korlatif dan positif akan meningkat nilai belajarnya, ada pengaruh karena semakin besar nilai x semakin besar pengaruhnya. Untuk uji T-test (paired) yaitu jika nilai Lower bernilai negatif dan Upper bernilai negatif atau Sig. (2-tailed) = 0,000 <α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dimana Ha = Ada perbedaan nilai rata-rata IPA antara sebelum dan setelah model pembelajaran guided discovery. Jadi, simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran guided discovery dapat berpengaruh terhadap sikap komunikatif dan nilai belajar dalam pembelajaran IPA dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Sikap Komunikatf dan Nilai Belajar IPA, model pembelajaran Guided Discovery
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:47 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:47 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10211 |
Actions (login required)
View Item |