UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) DI KELAS V SDN 1 SINGOROJO

Haryati, Nanik Sri (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) DI KELAS V SDN 1 SINGOROJO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian dan prestasi belajar matematika materi pecahan di kelas V SDN 1 Singorojo. Oleh karena itu, guru berupaya menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika materi pecahan di kelas V SDN 1 Singorojo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adanya peningkatan sikap kemandirian siswa ditunjukkan dengan peningkatan indikator sikap kemandirian siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh skor sebanyak 2081 dengan persentase 66,1% termasuk kriteria sikap kemandirian cukup baik. Pada siklus II memperoleh skor sebanyak 2765 dengan persentase 87,8% termasuk kriteria sikap kemandiriansangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajarsiswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajarpada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 72 dan persentase ketuntasan klasikal57%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 83dan persentase ketuntasan klasikal89%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Itellectually, Repetition)dapat meningkatkan sikap kemandirian dan prestasi belajar matematika materi pecahandi kelas V SDN 1 Singorojo. Kata Kunci : Kemandirian, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:46
Last Modified: 13 Feb 2018 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10201

Actions (login required)

View Item View Item