ANALISIS KELAYAKAN MATERI BUKU MATEMATIKA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 KELAS VII BAB SEGIEMPAT DAN SEGITIGA BERDASARKAN KRITERIA BELL

Lutviana, Iva (2017) ANALISIS KELAYAKAN MATERI BUKU MATEMATIKA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 KELAS VII BAB SEGIEMPAT DAN SEGITIGA BERDASARKAN KRITERIA BELL. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Kelayakan Materi, Kriteria Bell, Buku Teks Buku teks merupakan media penting bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tanpa buku teks, tampaknya guru akan mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Buku sebagai bahan ajar haruslah menarik, menantang, merangsang, dan bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk mempelajari buku teks tersebut. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menetapkan empat komponen dalam menentukan kualitas buku ajar untuk meningkatkan mutu buku ajar yang nantinya akan digunakan oleh siswa. Salah satu komponen tersebut adalah kelayakan materi/isi. Buku teks yang layak digunakan adalah buku teks yang memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Buku Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 perlu diadakan uji kelayakan, dikarenakan pada buku tersebut terkesan dibuat secara tergesa-gesa. Untuk menguji kelayakan isi buku tersebut diuji dengan berlandaskan kriteria Bell yang berhubungan dengan materi matematika. Dengan menggunakan kriteria tersebut, maka akan diketahui presentase kelayakan materi yang ada di Buku Matematika Kelas VII Kurikulum 2013. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif yang datanya berupa kata-kata dalam bentuk kutipan-kutipan. Data pada penelitian ini adalah data kesesuaian Buku Matematika Berdasarkan Kriteria Bell yang berhubungan dengan materi matematika. Sedangkan sumber data pada penelitian ini akan diperoleh dari Buku Matematika Kelas VII Semester 2 Edisi Revisi 2016 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bab Segiempat dan Segitiga. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kesesuaian materi pada Buku Matematika Kelas VII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi 2016 dengan materi berdasarkan Kriteria Bell untuk Bab Segiempat dan Segitiga didapatkan presentase kelayakan sebesar 90% yang berarti sangat baik, adapun kesalahan yang ditemukan pada penelitian ini terdapat kesalahan jawaban dan penulisan, sehingga dapat mempengaruhi pemahaman pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:41
Last Modified: 13 Feb 2018 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10122

Actions (login required)

View Item View Item