Yusuf, Amir (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (72kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
Abstract
Kata Kunci : Geogebra, Kemampuan Penalaran Spasial, Student Facilitator and Explaining Kemampuan penalaran spasial merupakan kemampuan yang dimiliki siswa dalam membayangkan, mempresentasikan, memanipulasi, dan mentransformasi informasi visual dalam konteks keruangan, serta memperkirakan posisi dan representasi suatu objek yang akurat berdasarkan perubahan orientasinya. Model pembelajaran yang tidak variatif dan media pembelajaran yang membosankan menyebabkan kemampuan penalaran spasial siswa yang rendah. Salah satu upaya agar penalaran spasial siswa itu berkembang, guru bisa menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan geogebra. Geogebra merupakan suatu software matematika interaktif yang bisa digunakan untuk media pembelajaran matematika, alat bantu membuat bahan ajar matematika, dan menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Darul Ulum kerangkulon pada tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini dambil secara acak. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket, metode observasi dan metode tes dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pada uji t satu sampel diperoleh nilai mean sebesar 80,00 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang artinya bahwa nilai rata-rata kemampuan penalaran spasial kelas eksperimen mencapai KKM 70, (2) pada uji t dua sampel menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran spasial siswa kelas eksperimen sebesar 80,00 lebih baik dibandingkan nilai rata-rata kemampuan penalaran spasial siswa kelas kontrol sebesar 74,12, (3) pada uji regresi linier ganda menunjukkan hasil bahwa keaktifan dan motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan penalaran spasial. Persamaan regresi linier ganda yaitu Y=0,608+1,508.X_1+0,394.X_2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:41 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:41 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10119 |
Actions (login required)
View Item |