TINGKAT KEPUASAN PASIEN GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DOKTER GIGI MUDA DI RUMAH SAKIT ISLAM GIGI DAN MULUT SULTAN AGUNG SEMARANG

Fardeli, Agustia (2017) TINGKAT KEPUASAN PASIEN GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DOKTER GIGI MUDA DI RUMAH SAKIT ISLAM GIGI DAN MULUT SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Pelayanan kesehatan harus diberikan secara efektif kepada pasien agar tercapai tingkat kepuasan pasien dan derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat. Pemasangan gigi tiruan sebagian lepasan (GTSL) merupakan salah satu bentuk pelayanan medis di bidang kedokteran gigi. Pemasangan GTSL dapat dilakukan oleh dokter gigi muda dibawah bimbingan dokter pengampunya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien dengan gigi tiruan sebagian lepasan terhadap kualitas pelayanan oleh dokter gigi muda di Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung Semarang. Penelitian ini berjenis cross-sectional observasional. Sampel penelitian yang digunakan adalah 57 responden. Analisa data dalam penelitian ini menggunakkan uji validitas kemudian diuji statistik deskriptif untuk mengetahui berbagai varian data. Hasil uji validitas didapatkan interval kepercayaan 0,361 maka seluruh butir pertanyaan dikatakan valid. Hasil uji reliabilitas didapatkan Cronbach’s alpha 0,980 berarti keseluruhan kuesioner reliable. Setiap dimensi pada penelitian ini memiliki nilai mean pada statistik deskriptif yang berbeda. Prosentase tingkat kepuasan pasien dimensi jaminan merasa puas 51,3 % dan sangat puas 37,28 %, dimensi empati merasa puas 45,86 % dan sangat puas 48,62 %, dimensi kehandalan merasa puas 44,44 % dan sangat puas 53,80 %, dimensi daya tanggap merasa puas 52,63 % dan sangat puas 34,50 %, dimensi tampilan fisik merasa puas 53,50 % dan sangat puas 40,05 %, dimensi profesionalisme merasa puas 53,80 % dan sangat puas 39,76 %, dimensi pelayanan medis merasa puas 51,76 % dan sangat puas 37,71 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pasien GTSL merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh dokter gigi muda, dilihat dari ketujuh dimensi kualitas di RSIGM Sultan Agung Semarang. Kata kunci : Tingkat Kepuasan, GTSL, Dokter gigi muda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:39
Last Modified: 13 Feb 2018 03:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10084

Actions (login required)

View Item View Item