ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA PENGOBATAN DEMAM BERDARAH DENGUE MENGGUNAKAN TERAPI SUPORTIF IMUNOMODULATOR DAN SEDIAAN YANG MENGANDUNG EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (Studi Kasus Di Baitul Nisa dan Baitul Athfal Kelas Tiga Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Periode September 2014 – Agustus 2016)

Naila, Ibroh Uyun (2017) ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA PENGOBATAN DEMAM BERDARAH DENGUE MENGGUNAKAN TERAPI SUPORTIF IMUNOMODULATOR DAN SEDIAAN YANG MENGANDUNG EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (Studi Kasus Di Baitul Nisa dan Baitul Athfal Kelas Tiga Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Periode September 2014 – Agustus 2016). Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Demam berdarah dengue adalah suatu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh infeksi virus dengue yang sering menimbulkan wabah serta dapat menimbulkan kematian dalam waktu singkat. Penggunaan imunomodulator banyak digunakan sebagai terapi suportif pasien demam berdarah dengue. Namun seiring dengan kemajuan pengobatan herbal, dikembangkan obat-obat lainnya yang mengandung ekstrak daun jambu biji yang dapat merangsang pembentukan trombosit pada pasien demam berdarah dengue tetapi harga obat tersebut masih cukup mahal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengobatan dan efektivitas biaya yang lebih baik antara imunomodulator dan sediaan yang mengandung ekstrak daun jambu biji pada pengobatan demam berdarah dengue. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan retrospektif pada pengobatan demam berdarah dengue pada anak di Baitul Athfal dan Baitun Nisa kelas 3 Rumah Sakit islam Sultan Agung Semarang periode September 2014 – Agustus 2016 menggunakan perhitungan ACER (Average Cost Effectiveness Ratio). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai ACER pasien yang menggunakan imunomodulator sebesar Rp 334.073,-/hari dengan lama rawat inap 4,78 hari, sedangkan nilai ACER pasien yang menggunakan sediaan yang mengandung ekstrak daun jambu biji sebesar Rp 343.894,-/hari dengan lama rawat inap 5 hari. Pada analisis efektivitas biaya pengobatan demam berdarah dengue pada anak menunjukkan bahwa imunomodulator mempunyai efektivitas lama rawat inap dan efektivitas biaya yang lebih baik dibandingkan dengan sediaan yang mengandung ekstrak daun jambu biji namun tidak ada perbedaan signifikan. Kata Kunci: Analisis Efektivitas Biaya, Imunomodulator, ACER, Demam berdarah Dengue, sediaan yang mengandung ekstrak daun jambu biji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 12 Feb 2018 05:36
Last Modified: 12 Feb 2018 05:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10010

Actions (login required)

View Item View Item