PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL TREASURE HUNT BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 02

Widayanti, Rini (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL TREASURE HUNT BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB 1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS melalui model Treasure Hunt dengan berbantuan media visual di kelas V SDN sembungharjo 02 Kecamatan Genuk Kota Semarang. Jenis peneltian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas Vb SDN Sembungharjo 02 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa, dengan menggunakan soal evaluasi yang dilaksanakan diakhir siklus, sedangkan teknik non tes terdiri dari angket yang digunakan untuk mengukur tanggung jawab siswa dengan menggunakan lembar angket, kemudian observasi dengan menggunakan alat pengumpulan data yang berupa lembar observasi aktifitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan untuk hasil angket tanggung jawab siswa pada siklus I memperoleh skor 1.067 dengan rata-rata 71,13% dengan kategori tanggung jawab siswa baik, siklus II memperoleh skor 1.225 dengan nilai rata–rata 81,67%. Prestasi belajar Siklus I rata-rata ketuntasan klasikalnya 60% dan rata-rata 65,76, siklus II rata-rata ketuntasan klasikalnya 92% dan rata-rata 85,28. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa model Treasure Hunt dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Sembungharjo 02 Semarang. Kata kunci : Tanggung jawab dan Prestasi Belajar IPS, Model Treasure Hunt

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:05
Last Modified: 19 Jan 2018 03:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9529

Actions (login required)

View Item View Item