THE EFFECTIVENESS OF CARD SORT FOR TEACHING READING COMPREHENSION OF PROCEDURE TEXTS (A Quasi Experimental Research of SMP Negeri 1 Somagede in the Ninth Grade Students in the Academic Year of 2014/2015)

Wijayanti, Ratna Nur (2015) THE EFFECTIVENESS OF CARD SORT FOR TEACHING READING COMPREHENSION OF PROCEDURE TEXTS (A Quasi Experimental Research of SMP Negeri 1 Somagede in the Ninth Grade Students in the Academic Year of 2014/2015). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1daftar isi.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Wijayanti, Ratna Nur. 2015”. The Effectiveness of Card Sort for Teaching Reading Comprehension of Procedure Texts (A Quasi Experimental Research of SMP N 1 Somagede in the Academic Year 2014/2015)”. A final project, English Language Education Study Program, College of Languages Sultan Agung University. Kurniawan Yudhi Nugroho, S.Pd.,M.Pd sebagai dosen pembimbing. Penelitian ini adalah tentang penggunaan Card Sort untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam reading. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Card Sort efektif atau tidak untuk meningkatkan keahlian siswa dalam membaca. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX SMP Negeri 1 Somagede tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah sebanyak 160 siswa. Non-equivalent groups pretest-posttest design digunakan dalam penelitian ini. 2 kelas digunakan sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui beberapa kegiatan. Yaitu pre-test, treatment dan post-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test di kelas percobaan adalah 66.50 dan di kelas kontrol adalah 68.25. Setelah diberikan perlakuan menggunakan media card sort selama empat pertemuan nilai rata-rata post-test dikelas percobaan adalah 81.50 dan dikelas kontrol adalah 73.00. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Di dukung oleh hasil analisis t-test hasil perbandingan post-test antar kelas percobaan dan kelas control bahwa sig(2-tailed) 0.000 < 0.05. Dapat diartikan bahwa penggunaan card sort sebagai media untuk mengajar kemampuan membaca siswa lebih baik dari pengajaran menggunakan metode diluar dari card sort itu sendiri dan dapat diterima. Sehingga, penggunaan metode Card Sort efektif untuk meningkatkan keahlian siswa dalam membaca. Kata kunci: Card Sort, Reading, Students’ Reading Comprehension, Procedure Texts.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa
Fakultas Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 04:19
Last Modified: 26 Aug 2015 04:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item View Item