Wahyuningsih, Muflikha (2017) PENGARUH KEDISIPLINAN DALAM MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP NILAI BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI SEMBUNGHARJO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1.COVER.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
||
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
||
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dalam nilai belajar IPA kelas V SD Negeri Sembungharjo 01 tahun ajaran 2016/2017 Kecamatan Genuk Kota Semarang. Jenis peneltian ini adalah penelitian kuantitatif,dengan menggunakan sampel purposive,dan desain pre eksperimental desain, metode one group pretest, posttest. Sempel dari penelitian ini adalah kelas Va yang berjumlah 42 siswa, sedangkan populasinya adalah siswa kelas Va dan V b SDN Sembungharjo 01 yang berjumlah 82 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur nilai belajar siswa, dengan menggunakan soal evaluasi yang dilaksanakan diakhir pembelajaran, sedangkan teknik non tes terdiri dari observasi yang digunakan untuk mengukur kediplinan siswa dengan menggunakan lembar observasi, analisis data menggunakan Uji Normalitas data, Uji Homogenitas, Uji regresi dan Uji T-test Paired semua penghitungan diolah menggunakan program versi SPSS versi 16. Sedangkan hasil dari pengaruh kedisiplinan terhadap nilai , bentuk persamaannya Y=36.033+0,568 (x) yang berarti semakin tinggi kedisiplinan dalam model kooperatif tipe snowball throwing secra koleratif dan positif akan meningkat nilai belajarnya. ada pengaruhnya karena semakin besar nilai x semakin besar pengaruhnya. Untuk uji T-test (Pired) yaitu jika nilai Lower bernilai negatif= -28.803 dan nilai Upper negatif =-19.672 atau sig. (2-tailed)= 0,000< 0,05 maka . Ho ditolak dan Ha diterima dimana Ha = ada perbedaan nilai rat-rata IPA antara sebelum dan setelah model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Jadi simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa model kooperatif tipe snowball throwing dapat berpengaruh kedisiplinan dan nilai belajar dalam pembelajaran IPA dibandingkan dengan menerapkan model konvensional. Kata kunci: Kedisiplinan dan Nilai Belajar IPA, model kooperatif tipe snowball throwing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 01:33 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 01:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9428 |
Actions (login required)
View Item |