PENINGKATAN DISIPLIN DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS III SD NEGERI 01 KEBONADEM

Laila, Eva Qumil (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS III SD NEGERI 01 KEBONADEM. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan disiplin dan pemahaman konsep IPA melalui model pembelajaran scramble di kelas III SD Negeri 01 Kebonadem, kecamatan Brangsong, kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdari dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III Kebonadem 01 Brangsong yang berjumlah 38 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Adanya peningkatan disiplin siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek disiplin siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh jumlah 1870 persentase 65,61% dengan kriteria cukup disiplin. Pada siklus I pertemuan 2 diperoleh nilai jumlah 2043 persentase 71,68% dengan kriteria disiplin baik. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh jumlah 2308 persentase 80,98% dengan kriteria disiplin baik. Pada siklus II pertemuan 2 diperoleh jumlah 2460 persentase 86,32% dengan kriteria disiplin sangat baik. Adanya peningkatan pemahaman konsep yang ditunjukkan dengan peningkatan pemahaman konsep setiap belajar pada siklusnya. Siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,31 dengan persentase ketuntasan kelas 71,32%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,57 dengan persentase ketuntasan kelas 86,58%. Berdasarkan penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan disiplin dan pemahaman konsep siswa di kelas III SD Negeri 01 Kebonadem. Kata kunci: Disiplin, Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Scramble

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 07:16
Last Modified: 15 Jan 2018 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9376

Actions (login required)

View Item View Item