HAMZAH, SANDI NOOR (2015) PENDIDIKAN AKIDAH PADA ANAK DAN STRATEGI PENERAPANNYA MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
sklripsi_1ABSTRAK.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
sklripsi_1DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
sklripsi_1COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Penulis: Sandi Noor Hamzah, 152111678,” Pendidikan Akidah pada Anak dan Strategi Penerapannya menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam “. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Agama Islam Universitas Isam Sultan Agung Semarang. Pembimbing Drs. M.Muhtar Arifin S., M. Lib. Kata Kunci: Pendidikan Akidah, Pendidikan Anak, Abdullah Nashihn Ulwan, Kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam. Pendidikan akidah adalah usaha untuk membimbing anak agar meyakini perkara-perkara yang wajib dibenarkan dan diyakini olehnya tanpa ada keraguan sedikitpun, dan keyakinan itu menjadikan ketenteraman jiwanya. Sumber akidah (Islam) adalah al-Quran dan as-Sunnah. Artinya apa saja yang disampaikan oleh Allah dalam al-Quran dan Rasulullah Saw. dalam sunnah-nya wajib diimani, diyakini, dan diamalkan. Akal sama sekali bukan sumber akidah Islam, tetapi merupakan instrumen yang berfungsi untuk memahami nash-nash yang terdapat dalam kedua sumber tersebut. Pendidikan dimasa kanak-kanak merupakan dasar pembentukan pribadi muslim, untuk itu penanaman akidah akan dimulai sejak usia kanakkanak, sehingga sudah seharusnya lembaga Pendidikan memperhatikan masalah ini dengan penuh perhatian Hasil analisa data secara deskriptif menunjukkan bahwa Konsep pendidikan akidah anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab “Tarbiyatul Aulad fil Islam” meliputi tiga ikatan yaitu: dasar-dasar akidah atau keimanan, rukun Islam, dan dasar-dasar syari‟at. Pendidikan akidah merupakan pondasi dasar bagi anak. Orang tua, sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak memiliki peran dan tanggung jawab: Pertama, membina anak-anak agar beriman kepada Allah Swt. dan kemaha-kuasaan-Nya, dengan cara bertafakkur akan kebesaran-Nya. Kedua, menanamkan ke dalam jiwa anak kepribadian yang khusyuk, takwa dan rasa pengabdian kepada Allah swt. Ketiga, para pendidik dan orang tua menurut Nashih Ulwan harus menanamkan perasaan selalu ingat kepada Allah Swt. pada diri anak-anak dalam setiap tindakan dan perilaku mereka setiap waktu. Strategi penerapan Konsep pendidikan akidah anak menurut Abdullah Nashih Ulwan adalah dengan penetapan kurikulum pendidikan akidah secara komprehensif yang meliputi tujuan pendidikan akidah, materi pendidikan akidah yang meliputi dasar-dasar keimanan, ibadah dan dasardasar hukum syari‟ah. Kurikulum ini diterapkan dengan menggunakan metode pendidikan dengan keteladanan, adat dan kebiasaan, nasehat, perhatian, dan memberikan hukuman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Aug 2015 02:32 |
Last Modified: | 26 Aug 2015 02:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/896 |
Actions (login required)
View Item |