Supono, Supono (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( KKG PAI ) DI UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN BRATI KABUPATEN GROBOGAN). Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (938kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Image
20171005_135620.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Profesionalisme guru dihubungkan dengan tiga faktor penting, yaitu kompetensi, sertifikasi, dan tunjangan profesi. Ketiga faktor tersebut mempengaruhi kualitas pendidikan. Pasca sertifikasi seyogyanya merupakan tonggak awal bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme secara kontinyu. Untuk memfasilitasi peningkatan kompetensi guru, diperlukan manajemen pengembangan kompetensi guru. Hal ini perlu dipikirkan oleh berbagai pihak yang berkepentingan, karena peningkatan kompetensi guru merupakan indikator peningkatan profesionalisme guru. Manajemen pengembangan kompetensi guru dimaksudkan untuk memajukan dan meningkatkan mutu, keahlian, kemampuan, dan keterampilan guru PAI kesempurnaan pelaksanaan pekerjaannya. Salah satu wahana pengembangan kompetensi guru melalui Kelompok Kerja Guru. Hambatan yang muncul meliputi cara meningkatkan kompetensi pedagogik guru, peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kompetensi profesional/pedagogik guru, dan format kegiatan kelompok kerja guru yang ideal sehingga mampu membantu meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, artinya lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah. Subyek penelitian ini adalah Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan anggotanya dan programnya.. Teknik pengambilan data dengan menggunakan metode wawancara, metode observasi (pengamatan), metode dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan model Spradley, kemudian menyajikan data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan kompetensi guru. Melalui program kerja yang telah direncanakan, para guru mengakui bahwa kegiatan itu sangat membantu guru dan berbagai aspek. Secara normatif tidak dapat diukur sejauh mana peran yang telah dilakukan namun semangat guru untuk terus meningkatkan kompetensinya melatih berbagai kegiatan patut diapresiasi. Berdasarkan hasil wawancara, guru-guru Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan mengharapkan agar kegiatan KKG diisi dengañ kegiatan diklat, workshop, studi banding, IHT, bedah kurikulum atau kegiatan sejenis yang mampu meningkatkan kompetensinya sebagai guru. Kata Kunci : Peningkatan Kompetensi Pedagogik guru, Kelompok Kerja Guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:42 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8958 |
Actions (login required)
View Item |