RESTRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA RELIGIUS DI MTS ROUDLOTUSH SHOLIHIN MOJODEMAK KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK

Khakim, Luqman (2017) RESTRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA RELIGIUS DI MTS ROUDLOTUSH SHOLIHIN MOJODEMAK KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER TESIS LUQMAN.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK LUQMAN.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I LUQMAN 2017.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB II TESIS LUQMAN 2017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III TESIS LUQMAN 2017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV TESIS LUQMAN 2017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V TESIS LUQMAN 2017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB VI TESIS LUQMAN 2017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA tesis.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Strategi itu merupakan sarana yang digunakan untuk memperoleh kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan akhir atau sasaran. Namun strategi bukan sekedar suatu rencana. Strategi merupakan rencana yang disatukan dan mengikat semua bagian menjadi satu. Disamping itu strategi menyeluruh meliputi seluruh aspek penting didalam pendidikan, terpadu dimana semua bagian yang ada terencana serasi satu sama lain dan berkesesuaian. permasalahan yang nampaknya terjadi di MTs Roudlotush Sholihin yang menjadi obyek penelitian penulis,adalah strategi Kepala Sekolah yang dahulu tidak maksimal dalam menciptakan suasana yang agamis, Kegiatan keagamaan masih kurang, sehingga proses penanaman nilai-nilai islami belum maksimal. Proses penanaman nilai-nilai Islam yang dahulu diterapkan kepala sekolah belum maksimal diterima siswa, masih perlu lagi pembenahan-pembenahan, tata tertib MTs Roudlotush Sholihin Mojodemak belum dijalankan dengan baik, masih ada siswa belum mencerminkan perilaku Islami di MTs Roudlotush Sholihin Mojodemak karena latar belakang siswa yang berbeda-beda, dan kurangnya keteladanan yang diberikan orang tua kepada anak-anaknya, banyaknya siswa yang malas melakukan sholat dhuha, masih Ada Siswa Yang Terlambat Masuk Sekolah. Dalam hal ini, penulis melakukan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus, dengan menggunakan pendekatan deduktif dan induktif artinya pendekatan berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, maupun pemahaman peneliti berdasarkan pengamatannya. Penelitian ini difokuskan pada strategi kepala sekolah dalam membangun budaya religius di Mts Roudlotush Sholihin Mojodemak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Dengan tujuan untuk (1) Menjelaskan strategi kepala sekolah (2) Menjelaskan prosesnya (3) Menjelaskan faktor-faktor yang mendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data terkumpul dari teknik tersebut dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitiannya adalah terbangunnya Program B4K (Berilmu, Beramal, Bertaqwa dan Berakhlaqul Karimah) oleh kepala sekolah/Madrasah. adapun wujud dari Budaya Religius adalah (a) Bersalaman dengan guru (b) Salam, senyum sapa (c) Sopan santun (d) Membaca As maul husna (e) Sholat dhuha (f) Sholat dhuhur berjama’ah (g) Istighosah (h) Kamis beramal (i) Hafalan Al Qur’an juz 30 (j) Hafalan tahlil (k) Peringatan Hari Besar Islam (l) Ziarah dan rekreasi (m) Kegiatan bulan Ramadhan (n) Pengumpulan zakat fitrah (o) Kegiatan insidental (p) Membaca surat yasin (p) Menjenguk orang sakit q) Takziyah. Strategi kepala sekolah dalam membangun budaya religius adalah (1) Merumuskan dan menyusun visi dan misi. (2) Mengadakan rapat seluruh guru untuk merencanakan kegiatan membangun budaya religius (3) Menugaskan kepada guru dan Waka Kesiswaan untuk menyusun program khususnya yang berhubungan dengan budaya religius. (4) Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam. (5) Mendatangkan tenaga pengajar dari pesantren, khususnya untuk memberikan materi terkait dengan keagamaan.(6) Memberikan keteladanan (7) Bekerjasama dalam kegiatan. dan faktor yang mendukung adalah dari dalam dan dari luar sekolah, yang dari dalam guru, karyawan semua mendukung dan faktor dari luarnya adalah masyarakat, masyarakat juga mendukung. Strategi kepala sekolah dalam membangun budaya religius di adalah membuat program B4K (Berilmu, Beramal, Bertaqwa dan Berakhlaqul Karimah) di MTs Roudlotush Sholihin Mojodemak berjalan dengan baik, kepala sekolah menjalankan perannya sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan visi misinya diterapkan dengan baik di bantu oleh warga sekolah, semua kegiatan berjalan dengan lancar dan siswa-siswi menjalankan aktivitas belajar dengan baik, yang ada dalam kegiatan intra, ko, dan ekstra kurikuler. hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan islam dan tujuan sekolah. Kata Kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Budaya Religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Dec 2017 02:41
Last Modified: 13 Dec 2017 02:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8953

Actions (login required)

View Item View Item