Fitriyah, Fitriyah (2017) Efektivitas Metode Hiwar dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di SMA Islam Sultan Agung 1 semarang. Program Magister Pendidikan Agama Islam UNISSULA 2017. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang merupakan sekolah bilingual yang menerapkan bahasa Arab sebagai alat komunikasi sehingga mata pelajaran bahasa Arab dipelajari secara khusus. Siswa dituntut untuk terampil dalam berbahasa Arab, Pembelajaran bahasa Arab memerlukan inovasi dalam menggunakan metode pembelajaran. Metode hiwar salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk melatih berbicara. Selain diperlukan pembiasaan dalam berbicara, Pembendaharaan kosa kata menjadi penting dalam keterampilan berbicara. Metode hiwar sangat efektif meningkatkan keterampilan berbicara. Penerapan metode hiwar termasuk efektif dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Hasil pembelajarannya seluruh materi dapat terselesaikan sesuai waktu yang direncanakandanmotivasibelajarsiswameningkatditunjukan dengan siswa aktif bertanya, menjawab, menanggapi permasalahan, dan memberikan penialian terhadap penampilan siswa/kelompok lain.Penelitianinidilakukandenganmenggunakanmetodepenelitiankualitatifdiskriptif. Pembelajaran bahasa arab di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dengan menggunakan metode hiwar berjalan dengan efektif dan efisien. Materi pelajaran dapat terselesaikan sesuai waktu yang direncanakan. Guru mempunyai metode pembelajaran yang inovasi dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar siswa meningkat dan hasil belajar siswa tuntas. Siswa menjadi terampil dalam berbicara. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Hiwar, Keterampilan berbicara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:37 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8846 |
Actions (login required)
View Item |