Kisman, Kisman (2017) IMPLEMENTASI METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MI COKROAMINOTO LEMAHJAYA KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (216kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text
BAB VI_1.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Kisman : Implementasi Metode Resitasi Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Fikih Di MI Cokroaminoto Lemahjaya Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016 Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah pembelajaran fikih di kelas V MI Cokroaminoto Lemahjaya. Sedangkan fokus penelitiannya pada; perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran fikih dengan menggunakan metode resitasi. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan efektivitas metode resitasi dalam pembelajaran Fikih di kelas V MI Cokroaminoto Lemahjaya Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini, mempunyai subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran Fikih di kelas V MI Cokroaminoto Lemahjaya Untuk memperoleh data penelitian digunakan tiga teknik pengumpulan data : (1) dokumentasi, peneliti menggunakan jenis dokumen internal untuk mendapatkan data mengenai gambaran umum MI Cokroaminoto Lemahjaya, RPP mata pelajaran fikih serta jenis dokumen eksternal untuk dijadikan tolak ukur (indikator) dalam menganalisis data yang diperoleh di lapangan. (2) wawancara mendalam, mendapatkan informasi-informasi yang lebih jelas, lengkap dan sedalam-dalamnya tentang penggunaan metode resitasi. (3) Observasi, untuk mengetahui secara langsung lokasi penelitian dan proses pembelajaran fikih di kelas V MI Cokroaminoto Lemahjaya. Hasil Penelitian adalah: 1. Perencanaan metode resitasi dalam pembelajaran fikih di MI Cokroaminoto Lemahjaya sudah baik karena sudah memperhatikan penentuan tujuan pembelajaran fikih, penentuan materi pembelajaran fikih dan penentuan kriteria penilaian dalam pembelajaran fikih. Selain itu perencanaan metode resitasi dalam pembelajaran fikih di MI Cokroaminoto Lemahjaya juga sesuai dengan kurikulum dari pemerintah, silabus dari sekolah dan teori dari pakar pendidikan. 2. Pelaksanaan metode resitasi dalam pembelajaran fikih di MI Cokroaminoto Lemahjaya sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran fikih serta hasil evaluasi siswa baik secara individu maupun kelompok. Dari dua kali penerapan metode resitasi terlihat peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI Cokroaminoto Lemahjaya. Pada tugas individu menunjukkan dari 14 siswa 10 siswa tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), 2 siswa belum tuntas KKM sedangkan 1 siswa tidak mengikuti evaluasi. Pada tugas kelompok dari 14 siswa kelas V MI Cokroaminoto Lemahjaya semuanya tuntas KKM. 3. Evaluasi metode resitasi dalam pembelajaran fikih di di kelas V MI Cokroaminoto Lemahjaya berjalan lancar tidak ada kendala, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai siswa sangat memuaskan, baik secara individu maupun kelompok Kata kunci : Metode Resitasi dan Mata Pelajaran Fikih
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:37 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8841 |
Actions (login required)
View Item |