EFEKTIFITAS MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN

Suliyono, Suliyono (2017) EFEKTIFITAS MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN. Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Image
PUBLIKASI.jpg

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB VI_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah Penelitian ini adalah (1) Bagaimana standar ideal kompetensi pedagogik bagi guru PAI Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Klambu. (2) Bagaimana tingkat pencapaian kompetensi pedagogik bagi seorang guru PAI tingkat Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Klambu. (3) Bagaimana aktifitas MGMP dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI tingkat Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Klambu. Dan penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan standar ideal kompetensi pedagogik bagi guru PAI Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Klambu, (2) mengetahui tingkat pencapaian kompetensi pedagogik bagi seorang guru PAI tingkat Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Klambu, dan (3) mendiskripsikan aktifitas MGMP dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI tingkat Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Klambu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif, dengan mengambil subyek Guru Pendidikan Agama Islam dan kepala Madrasah Tsanawiyah Suwasta di Kecamatan Klambu sebanyak 20 guru PAI dan 3 Kepala Madrasah Tsanawiyah. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan melibatkan kepala sekolah dan guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas MGMP Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Tingkat Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Klambu (1) Seharusnya dari 20 guru PAI tingkat MTs di Kecamatan Klambu mampu memenuhi standar edial kompetensi pedagogik. Nyatannya hanya 12 guru PAI yang memenuhi standar edial kompetensi pedagogik tersebut. (2) Tingkat pencapaian kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh para guru PAI tingkat MTs di Kecamatan melalui forum MGMP, belum dikatakan baik. Itu dikarenakan dari 20 guru PAI tingkat MTs di Kecamatan Klambu, baru 12 guru PAI yang mampu menunjukkan kompetensi pedagogiknya secara baik. (3) Untuk meningkatkan kualitas kompetensi pedagogik guru PAI melalui MGMP pemerintah setempat mengadakan seminar terkait pendidikan, diklat berjenjang, pelatihan sesama guru menggunakan media ICT, kerjasama antar guru untuk memecahkan masalah pembelajaran, dan membentuk komunitas belajar profesional. Dengan temuan tersebut, berarti keberadaan MGMP PAI tingkat MTs di Kecamatan Klambu belum mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI tingkat madrasah tsanawiyah secara menyeluruh. Untuk itu, perlu adanya perhatian yang khusus dari pemerintah demi mengembalikan fungsi MGMP sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI tingkat Madrasah Tsanawiyah Suwasta di kecamatan Klambu. Kata kunci: Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kompetensi Pedagogik, dan Madrasah Tsanawiyah Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Dec 2017 02:31
Last Modified: 13 Dec 2017 02:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8709

Actions (login required)

View Item View Item