Alim, Maftukhul (2017) STRATEGI DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI (Guru dalam Implementasi Kurikulum 13 di Kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang ). Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Image
PUBLIKASI.jpg Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (999kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text
BAB VI_1.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (249kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Agama Islam di abad 21 dan berlakunya kurikulum 2013 menuntut perubahan pola teaching centered learning (TCL) ke arah student centered learning (SCL) dan siswa diarahkan berfikir kritis dan inovatif dan guru harus menyiapkan strategi yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa bukan pada guru dan pendekatan dalam kurikulum 2013 yang baik adalah pendekatan saintifik yaitu pendekatan pembelajaran dengan kajian ilmiah , Permaslahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana guru menggunakan strategi dan pendekatan pembelajaran PAI dan budi pekerti dalam implementasi kurikulum 2013 di kelas X SMA Islam Sultan agung 1 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis mengenai strategi dan pendekatan pembelajaran PAI dan budi pekerti guru dalam implementasi kurikulum 2013 di kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) mengambil latar SMA Islam Sultan Agung 1, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun Analisis data mengikuti konsep Miles & Huberman (1984) yaitu model interaktif yang meliputi, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Strategi pembelajaran PAI yang dipakai dalam pembelajaran kurikulum 2013 di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang sudah berjalan efektif dengan memperhatikan beberapa faktor diantaranya a) Faktor Guru, yaitu guru yang memahami strategi dan pendekatan pembelajaran dalam karakteristik kurikulum 2013 akan terwujud pembelajaran yang menyenangkan dan memberikan pemahaman peserta didik, sebaliknya guru yang belum memahaminya akan menggunakan strategi lama yaitu terpusat pada guru, b) Faktor peserta didik, dengan kemampuan kelas yang dibawah rata-rata dan kurangnya motivasi, strategi pembelajaran aktif belum bisa berjalan dengan baik sehingga dominasi guru tetap dibutuhkan. 2) Pendekatan pembelajaran yang dipakai pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang adalah pendekatan Saintifik adapun pendekatan yang dilakukanya adalah a).Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru sudah baik karena perencanaan untuk membuat siswa aktif dan antusias di dalam pembelajaran b) Proses pembelajaran yang dilakukan sesuai langka-langkah saintifik, yang disajikan dalam bentuk kegiatan meliputi, mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran PAI dan Pendekatan , PAI, Kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:32 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8708 |
Actions (login required)
View Item |