IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH DI MTS SHOLIHIYYAH MRANGGEN DEMAK.

NAFIS, GHORIZATUN (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH DI MTS SHOLIHIYYAH MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Ghorizatun Nafis’, 152111600, “Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Akidah Di MTs Sholihiyyah Mranggen DemakTahun Akademik 2014/2015”. Pembimbing: Drs. H.Ali Bowo Tjahjono,M.Pd. Implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran akidah adalah suatu proses pendidikan yang holisticyang bertujuan memotivasi siswa,pembelajaran ini digunakan untuk memahami materi akidah, dengan mengaitkan materi tersebut dalam konteks kehidupan mereka sehari-hari.Sehingga siswa memiliki pengetahuan atau keterampilan yang secara fleksibel.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan siswa dalam proses belajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual Di MTs Sholihiyyah Mranggen Demak Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(field research) yang menggunakan metode kualitatif,Fokus penelitian ini adalah memotivasi dan menjadikan siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar Metode pengumpulan data melalui metode wawancara,metode observasi dan metodedokumentasi Implementasi pendekatankontekstual dalam pembelajaran akidah meliputi tiga aspek yaitu; 1) perencanaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran akidah Di MTs Sholihiyyah Mranggen Demak dapat dikatakan sudah baik,karena guru telah menyususn rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). 2) pelaksanaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran akidah Di MTs Sholihiyyah Mranggen Demak dinilai sudah baik,karena prosedur dalam pendekatan kontekstual berjalan dengan baik.hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang sudah kondusif dan peserta didik yang aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan. 3) penilaian hasil belajar akidah dengan menggunakan pendekatan kontekstual di MTs Sholihiyyah Mranggen Demak dapat dikatakan cukup tinggi,karena nilai hasil belajar peserta didik cukup memuaskan(diatas KKM) Kata kunci : Aktif,kreatif peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:51
Last Modified: 25 Aug 2015 08:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item