Zahro’, Ely Fatimatuz (2015) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PERHATIAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 2 KAYEN PATI. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
SKRIPSI ELY FATIMATUZ ZAHRO _152111592__1ABSTRAK.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI ELY FATIMATUZ ZAHRO _152111592__1COVER.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI ELY FATIMATUZ ZAHRO _152111592__1DAFTAR ISI.pdf Download (670kB) | Preview |
Abstract
Ely Fatimatuz Zahro’, 152111592, “Hubungan Motivasi Belajar dengan Perhatian Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Kayen Pati Tahun Akademik 2014/2015”. Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rohani, HM, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan perhatian peserta didik belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kayen Pati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan perhatian peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kayen Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kuantitatif. Fokus penelitian ini adalah motivasi belajar dan perhatian peserta didik belajar PAI di SMP Negeri 2 Kayen Pati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi belajar, skala perhatian peserta didik, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan rumus korelasi tata jenjang atau Rho Spearman. Hasil penelitian yang penulis peroleh: 1) Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kayen Pati dalam kategori tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil skala motivasi belajar peserta didik sebesar 50,12 yang berada pada interval 50-53. 2) Perhatian peserta didik belajar PAI di SMP Negeri 2 Kayen Pati termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai mean atau rata-rata hasil skala perhatian peserta didik sebesar 32,56. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan perhatian peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kayen Pati. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus Rho Spearman diperoleh koefisien korelasi r 0 = 0.690 lebih besar dari koefisien korelasi pada tabel r pada taraf signifikansi 5%. Selain itu, kontribusi motivasi belajar terhadap perhatian peserta didik di SMP Negeri 2 Kayen Pati sebesar 47,61%, dengan demikian masih terdapat 52,39% perhatian peserta didik ditentukan oleh faktor lain di luar motivasi belajar. Kata kunci : Motivasi Belajar, Perhatian Peserta Didik t
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Aug 2015 08:51 |
Last Modified: | 25 Aug 2015 08:51 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/856 |
Actions (login required)
View Item |