PENINGKATAN DISIPLIN DAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MATERI PERCAKAPAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SD NEGERI DONOROJO 01

Ghofur, Abdul (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MATERI PERCAKAPAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SD NEGERI DONOROJO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan dikarenakan keterampilan membaca nyaring mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh di bawah KKM. Selain itu disiplin siswa yang masih rendah.Penelitian yang digunakan adalah termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian di SD Negeri Donorojo 01 Kecamatan Demak Kabupaten Demak pada kelas V dengan menggunakan metode Cooperatif Integrated Reading And Composition bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa dan disiplin pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi percakapan. Penelitian dilaksanakan pada 2 siklus.Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja,angket dan observasi. Pada siklus I disiplin mendapat persentase 67,64% dengan kriteria kurang. Pada siklus II disiplin mendapat persentase 94,17% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa siklus I persentase ketuntasan klasikalnya mencapai 64, 70% dan siklus II ketuntasan klasikalnya mencapai 88, 23%. Dapat disimpulkan bahwa metode Cooperatif Integrated Reading And Composition dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring dan disiplin siswa di kelas V SD Negeri Donorojo 01. Kata Kunci: percakapan, Disiplin, Metode Cooperatif Integrated Reading And Composition

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:44
Last Modified: 24 Nov 2017 02:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7995

Actions (login required)

View Item View Item