PENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI DI KELAS V SD NEGERI MARGOAYU 02

Rofi’, Achmad (2017) PENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI DI KELAS V SD NEGERI MARGOAYU 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran simulasi di kelas V SD N Margoayu 02, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 7,9 September 2016, dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 14-16 September 2016. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N Margoayu 02 Karangawen Kabupaten Demak yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, aktivitas siswa, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan disiplin belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek disiplin belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh presentase 57,14% dengan kriteria disiplin baik. Pada siklus II diperoeh presentase 90,48% dengan kriteria disiplin sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan belajar 67%. Pada siklus II dengan presentase ketuntasan belajar 86%. Data tersebut menunjukkan bahwa pada siklus II rata-rata siswa sudah memenuhi nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model simulasi dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar di kelas V SDN Margoayu 02 Karangawen Demak. Kata Kunci: Disiplin, Prestasi Belajar, Model simulasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:44
Last Modified: 24 Nov 2017 02:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7985

Actions (login required)

View Item View Item